Fotografer Berlomba Foto Kentang, Hadiahnya Uang Belasan Juta

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 16:00 WIB
lomba foto kentang Foto: istimewa/metro
Jakarta -

Lomba foto model sudah biasa, lalu bagaimana dengan lomba foto kentang? Ratusan fotografer kompak berlomba foto kentang dalam berbagai pose dan tampilan yang unik.

Dilansir dari Metro (30/7) kompetisi lomba foto kentang ini diberi judul Potato Photographer of The Year. Foto yang berhasil menang adalah hasil jepretan Ray Spencer. Foto ini berhasil membuat pemotretnya berhak membawa uang tunai £ 1.000 (Rp 18 juta).

Selain uang belasan juta, Ray juga berhak membawa kamera Fujifilm X-A7 serta mendapat akses keanggotaan dari Royal Photographic Society. Meskipun objeknya sederhana, ide memotret kentang justru tidak semudah yang dibayangkan.

Lomba foto kentang terinspirasi oleh sebuah foto kentang yang diambil oleh fotografer terkenal Kevin Abosch. Foto kentang karya Kevin ini terjual dengan harga $ 1 juta (Rp 14,5 triliun) pada tahun 2016 lalu.

lomba foto kentanglomba foto kentang Foto: istimewa/metro


Dari foto ini kemudian diselenggarakan sebuah lomba foto kentang yang bisa diikuti oleh semua fotografer ataupun penggemar fotografi. Setiap peserta yang ingin berpartisipasi harus membayar uang pendaftaran sebesar £ 5 (Rp 95 ribu).

Uang yang terkumpul dari hasil pendaftaran ini nantinya akan disumbangkan ke yayasan sosial The Trussell Trust yang menjadi donatur untuk kasus kelaparan di Inggris. Pihak penyelenggara lomba foto, Benedict Brain mengatakan acara ini sebenarnya untuk menggalang dana yang nantinya disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

"Sedikit uang yang kami hasilkan dari lomba foto kentang ini akan sangat membantu yayasan untuk menyediakan makanan bagi orang yang membutuhkan," ujar Benedict Brain.

Dari ratusan foto yang diterima pihak penyelenggara, akhirnya dipilih lima foto terbaik dengan satu juara foto kentang milik Ray Spence. Ray memotret sebuah kentang yang sudah tumbuh akar lalu ia terlihat memegang gunting dan sisir. Foto ini menggambarkan seorang tukang pangkas rambut yang siap merapikan rambut kentang.

lomba foto kentanglomba foto kentang Foto: istimewa/metro

Kemudian di urutan kedua ada foto kentang karya David White. Menurut juri, kentang yang dipotret ini terlihat seperti alien di planet tandus yang dipotret oleh robot NASA. Dan di urutan ketiga ada foto karya Amy D'Agorne Craghill yang menampilkan wajah orang yang tertutup irisan kentang.

Di deretan selanjutnya ada foto kentang bertema Adam dan Hawa, akar kentang hingga kentang yang sedang dimakan orang. Setiap fotografer memiliki gaya tersendiri saat memotret kentang. Dan dari sini bisa disimpulkan kalau kentang bisa jadi objek fotografi yang unik.



Simak Video "Dibuang Sayang, Kulit Kentang Bisa Dibuat Jadi Keripik Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)