Penuh Duri, Buah Misterius Ini Jadi Perdebatan Netizen

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 13:30 WIB
Kiwano Buah Misterius Foto: Facebook/iStock/Ist
Jakarta -

Buah misterius yang memiliki permukaan berduri ini jadi perdebatan netizen. Banyak netizen yang bingung dengan nama buah ini.

Ada buah misterius berwarna hijau dengan pucuk duri yang tumbuh di Queensland, Australia. Buah ini kemudian menjadi topik perdebatan netizen di Facebook yang membicarakan asal-usulnya.

Baca Juga: Papua Punya Woromo, Kelapa Hutan yang Bentuk dan Rasanya Unik

"Adakah yang tahu buah apa ini? Buah ini ditemukan tumbuh di kebun. Apakah ini ganja atau buah?" tanya salah satu netizen. Lengkap dengan foto buah ini di halaman Faceboook Hervey Bay.

Kiwano Buah MisteriusKiwano Buah Misterius Foto: Facebook/iStock/Ist

"Dibandingkan buah atau ganja, benda ini lebih mirip seperti telur naga," komen netizen.

"Buah ini tampak menyeramkan dan tajam," sambung netizen lainnya.

Namun di antara banyaknya komentar netizen, ada juga netizen yang mengatakan bahwa buah tersebut merupakan mentimun Afrika bertanduk.

Sementara menurut Brian Jones selaku Associate Professor of Environmental Sciences di The University of Sydney. Buah misterius ini dikenal juga dengan nama Kiwano.

"Kiwano memang jarang ditemukan di Australia, meski beberapa orang menanam biji Kiwano di rumah mereka. Saya memang belum pernah memakannya tapi rasanya seharusnya enak," jelas Brian dilansir dari Yahoo (15/07).

Kiwano Buah MisteriusKiwano Buah Misterius Foto: Facebook/iStock/Ist

Buah tajam yang satu ini sebenarnya punya banyak nama sebutan. Selain Kiwano, buah ini juga dikenal sebagai melon tanduk dengan warna kuning atau hijau pekat. Kiwano masuk ke dalam buah eksotik yang biasanya tumbuh di Afrika.

Bagian dalam buah ini berwarna hijau pekat dengan biji yang mirip seperti mentimun pada umumnya. Rasanya segar seperti kombinasi rasa lemon, mentimun dan markisa. Buah ini biasanya disantap sebagai camilan atau campuran salad yang kaya vitamin C dan serat.

Sejak dulu Kiwano digunakan sebagai campuran makanan tradisional di berbagai wilayah Afrika. Kini banyak orang yang membawa bibit Kiwano untuk ditanam di Amerika, Portugal, Italia sampai Jerman. Meski buah ini belum seterkenal buah eksotik lainnya.

Kiwano Buah MisteriusKiwano Buah Misterius Foto: Facebook/iStock/Ist

"Dulu kita menyebut buah ini sebagai mentimun berduri. Saya selalu memakannya saat kecil dan sayangnya sudah lama saya tidak menemukan buah ini. Rasanya enak sekali jangan buang buah ini," puji seorang netizen.

Bahkan banyak netizen yang akhirnya penasaran dengan rasa dari buah misterius ini.

"Buah ini punya rasa yang enak, apa saya bisa membelinya di sini?" tanya netizen lainnya. Banyak juga yang mengingatkan bahwa dedaunan dari Kiwano ini sangat cepat merambat dan tumbuh besar.

Selain Kiwano ada juga buah misterius yang sempat mengundang perdebatan di antara netizen. Buah ini bernama Feng Li Jiao yang viral di Taiwan. Bentuknya mirip seperti perpaduan buah nanas dan pisang.

Baca Juga: Mirip Nanas dan Pisang, Buah Misterius Ini Tengah Viral



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)