Cantiknya Roti Italia Bertema Kebun Bunga yang Jadi Tren

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 12:00 WIB
roti italia cantik Foto: youtube
Jakarta -

Roti Italia yang satu ini punya tampilan cantik. Bagian toppingnya dihias dengan aneka sayuran dan bunga. Roti dengan kebun bunga ini sedang jadi tren.

Roti jenis focaccia merupakan roti khas Italia. Bentuknya pipih karena termasuk flat bread. Biasanya disantap bergitu saja dengan cocolan minyak olive atau dijadikan sandwich dan sering diberi topping ditaburi keju parut. Tapi para pembuat roti tengah gandrung membuat roti focaccia dengan tampilan yang cantik. Roti tema gardenspace ini pun menjadi tren di kalangan baker dan penggemar roti.

Lewat youtube Tasty Recipes, ditunjukkan bagaimana roti gardenspace ini dibuat. Proses awalnya sama persis dengan membuat roti pada umumnya. Video berdurasi 3 menit ini memperlihatkan setiap langkah pembuatan roti kebun bunga yang bisa dibuat di rumah.

roti italia cantikroti italia cantik Foto: youtube

Baca juga : 10 Kreasi Roti Bermotif Cantik Buatan Baker Handal

Proses awal dimulai dengan mencampur ragi dengan madu, air dan sedikit tepung. Biang ragi ini kemudian didiamkan selama 30 menit hingga mengembang. Kemudian ragi ini dicampurkan air, minyak zaitun dan tepung terigu untuk diaduk dan diuleni hingga kalis.

Prosesnya agak lama dan memakan banyak waktu karena harus didiamkan hingga adonan roti mengembang sempurna. Tampilannya masih seperti adonan roti biasa.

Adonan ini kemudian di letakkan dalam loyang khusus yang biasa digunakan untuk membuat roti focaccia. Roti asal Italia ini punya tekstur mirip roti pizza dan biasa dijadikan roti sandwich dengan karakter rasa yang cenderung gurih.

Roti yang sudah diletakkan di atas loyang ini kemudian diratakan hingga bentuknya pas dengan loyang. Langkah selanjutnya yakni memberi aneka topping seperti rosemary, asparagus, jamur, daun dill, tomat dan irisan zaitun. Tak lupa roti juga diberi edible flower untuk membuat tampilannya jadi cantik.

Semua topping ini ditata menyerupai sebuah kebun bunga. Warna-warni sayuran membuat roti ini tampil cantik. Terakhir, roti harus dipanggang hingga matang. Terakhir, roti yang sudah matang dikucuri dengan minyak zaitun. Roti bisa langsung dipotong dan disantap hangat.

roti italia cantikroti italia cantik Foto: youtube

Baca juga : Bikin Roti Tawar Cantik Berhias 'Mawar', Netizen Ini Berakhir Memakannya!

Roti ini juga diberi taburan garam untuk membuat rasanya asin gurih. Tanpa tambahan saus cocolan pun roti sudah enak disantap. Roti focaccia bisa jadi pilihan menu sarapan atau teman santai sore sambil menikmati segelas teh hangat.

Berbagai tampilan kebun bunga bisa dibuat sesuai selera dan kreasi. Topping sayuran yang dipakai pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan tomat, wortel, radish atau sayuran lain yang warnanya cantik.



Simak Video "Ketika Roti Basi Disulap Jadi Hiasan Super Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)