Sajian Maknyus Idul Adha

Bumbu Sate Kambing Buntel Khas Solo yang Gurih Juicy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 19:00 WIB
Sate Buntel Foto: Istimewa

2. Pilih daging kambing muda
Selain bumbu sate kambing buntel yang enak, kunci kelezatan lain sajian ini ada pada pemilihan daging. Sebaiknya pilih daging kambing muda karena teksturnya lebih empuk.

Selain itu, daging kambing muda tak berbau prengus sehingga sate buntel makin terasa nikmat. Sebenarnya selain daging kambing, sate buntel juga bisa dibuat dengan sapi. Caranya juga sama, pilih daging sapi muda yang sudah dicincang.

Supaya teksturnya cincangan daging makin padat, Anda bisa mengakalinya dengan mencampurkan telur. Dengan begitu, daging cincang juga akan lebih mudah dibentuk jadi buntelan.

3. Memilih lemak pembungkus daging kambing

Sate Kardjan Foto: dok. detikFood

Siapkan tusuk bambu yang lebar, jangan tusuk sate biasa. Ini karena kepalan sate buntel cukup besar. Kemudian bulat-bulatkan daging di ujung tusukan sampai besarannya ideal.

Lalu pipihkan daging cincang tersebut dengan tangan. Jika sudah dirasa pas bentuknya, balut adonan daging dengan lemak. Pakailah lemak dari bagian perut. Jenis lemak ini tipis dan transparan. Hati-hati saat membalutkan lemak ini pada daging karena mudah robek.

Caranya rentangkan lemak secara hati-hati. Potong dengan gunting mengikuti ukuran yang dibutuhkan. Setelah itu taruh lemak di ujung jari-jari tangan dan mulailah mengisinya dengan daging cincang. Kemudian balut semua sisian daging dengan lemak ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cita Rasa Unik Sate Buntel Khas Solo yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com