Punya Penyakit Langka, Bocah Ini Hobi Makan Lilin hingga Kotoran Anjing

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 29 Jul 2020 16:00 WIB
Anak Hobi Makan Lilin dan Kotoran Anjing Foto: The Sun
Jakarta -

Punya penyakit langka, bocah perempuan ini hobi makan lilin, bingkai foto hingga kotoran anjing. Kondisinya ini sempat membuat bingung keluarganya.

Rhoda dan Stephen Woodburn memiliki seorang putri berusia 13 tahun bernama Beth. Keluarga asal Newtownards, Inggris ini punya masalah yang pelik karena tidak bisa mengontrol prilaku putrinya.

Baca Juga: Karena Penyakit Langka, Gusi Wanita Ini Mirip Seperti Buah Strawberry

Dilansir dari The Sun UK (29/07), Beth memiliki perilaku yang aneh dan suka memakan apapun yang dilihatnya. Beth juga sering menjerit histeris dan tidak bisa diam.

Ketika Rhoda dan Stephen membawa Beth untuk diperiksa ke dokter, awalnya dokter menyalahkan mereka karena melahirkan Beth terlalu cepat setelah kelahiran anak sebelumnya.

Anak Hobi Makan Lilin dan Kotoran AnjingAnak Hobi Makan Lilin dan Kotoran Anjing Foto: The Sun

Bahkan Rhoda sempat pusing dan menganggap bahwa anaknya ini kerasukan iblis atau arwah penasaran, sampai mereka memanggil orang untuk berdoa di rumah.

"Menurut petugas kesehatan, Beth merupakan anak kecil yang paling rumit yang mereka temui. Dia pernah tidur jadi kami hanya bisa tidur selama beberapa jam setiap malam. Beth tidak bisa ditinggal sendirian karena dia bisa saja memanjat gorden, berlarian di dekat jendela, atau menarik barang-barang dari lemari," jelas Rhoda.

"Rumah kami sangat kosong. Kita tidak bisa memasukkan barang apapun. Tidak ada tumbuhan, lilin, atau bingkai foto karena Beth akan memakan semuanya. Bahkan ketika kami pergi ke taman, Beth akan mencoba memakan kotoran anjing yang ditemukannya," lanjutnya.

Anak Hobi Makan Lilin dan Kotoran AnjingAnak Hobi Makan Lilin dan Kotoran Anjing Foto: The Sun

Di usianya yang ke-13 tahun, akhirnya Beth diketahui mengidap penyakit langka bernama FOXG1 Syndrome. Penyakit ini sangat langka oleh mutasi gen dan diperkirakan hanya ada 230 orang yang memiliki penyakit ini. Sindrom ini biasanya menyerang perkembangan otak dan fungsi otak.

Bahkan beberapa penderita sering mengidap kejang-kejang, kesulitan mengontrol pergerakan tubuh hingga kesulitan berbicara.

Sayangnya sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan FOXG1, tapi pihak medis menyarankan agar penderita mengikuti berbagai terapi dan pengobatan lainnya untuk memiliki kehidupan yang lebih stabil.

Anak Hobi Makan Lilin dan Kotoran AnjingAnak Hobi Makan Lilin dan Kotoran Anjing Foto: The Sun

"Sekarang kondisi Beth memang masih dalam pengobatan dan penuh tantangan. Namun sekarang kondisinya lebih membaik. Kini kami berusaha menikmati perilaku Beth yang aneh," ungkap Rhoda.

Rhoda juga bersyukur karena banyak orang yang mendukung Beth untuk sembuh. Meski Beth membutuhkan perhatian ekstra, tapi Rhoda dan Stephen merasa senang bisa merawatnya setiap hari.

"Kami tahu Beth akan terus membutuhkan kami selama 24 jam setiap harinya sepanjang hidupnya. Jadi kami sering merayakannya dengan hal-hal kecil seperti tersenyum atau tertawa," pungkasnya.

Sebelumnya ada juga kasus penyakit langka yang menyerang seorang bernama Megan. Ia akan menjerit histeris jika berhenti makan.

Baca Juga: Punya Kelainan Makan Langka, Anak Ini Histeris Jika Berhenti Makan



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)