Punya Penyakit Langka, Gusi Wanita Ini Mirip Seperti Buah Strawberry

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Apr 2019 06:00 WIB
Foto: Instagram / Hong Kong Free Pass / Thinkstock Foto: Instagram / Hong Kong Free Pass / Thinkstock
Jakarta - Punya penyakit mulut yang langka dan mematikan. Gusi wanita ini berubah bentuknya, sehingga mirip seperti bagian buah strawberry berwarna merah pekat.

Para dokter terkejut ketika menemukan seorang pasien dengan kondisi langka, yang menyerang mulutnya. Di mana hampir seluruh permukaan giginya ditutupi oleh gusi yang merambat mirip seperti strawberry.

Baca Juga: Strawberry Ini Viral Karena Punya Bentuk yang Unik dan Seksi

Punya Penyakit Langka, Gusi Wanita Ini Mirip Seperti Buah StrawberryFoto: Istimewa

Dikabarkan Ladbible (15/04), wanita yang tidak disebutkan namanya ini, mengatakan bahwa dia mulai menyadari ada sesuatu yang aneh di mulutnya sejak enam minggu lalu. Hidungnya juga mulai sering mimisan atau mengeluarkan darah.

Kasus ini kemudian dipublikasikan di New England Journal of Medicine, di mana wanita berusia 42 tahun ini juga memiliki luka terbuka pada bagian kulit wajahnya.

Dokter Maryam Ghiasi, yang menangani pasien ini di Tehran University of Medical Sciences di Irak, mengatakan bahwa setelah melalui serangkaian tes medis, wanita ini ternyata menderita granulomatosis dengan polyangiits (GPA).

Punya Penyakit Langka, Gusi Wanita Ini Mirip Seperti Buah StrawberryFoto: Istimewa

Terdapat beberapa nodul atau bulatan oval yang terdapat di paru-parunya. Sehingga munculah fenomena gusinya berubah mirip seperti bentuk buah strawberry.

"Kondisi strawberry gingivitis ini, merupakan kondisi langka yang disebabkan dari GPA. Hal ini menunjukkan tentang seberapa parahnya penyakit ini," tutur Dokter Maryam. Namun, sayangnya sang pasien tidak kembali ke rumah sakit itu, untuk pengobatan dan konsultasi lebih lanjut

Sehingga para dokter tidak tahu bagaimana kondisinya sekarang. Fenomena gusi berubah seperti strawberry ini, bisa disebabkan oleh beberapa penyakit.

Punya Penyakit Langka, Gusi Wanita Ini Mirip Seperti Buah StrawberryFoto: Istimewa

"Bagian tisu di gusi memang bisa terlihat seperti buah strawberry. Akan tetapi, ini disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan pembulu darah. Jika tidak diobati dari awal, bisa berakibat fatal," tutur Dokter Joseph Nemeth, selaku ahli periodontitis dari Amerika.

"Ini termasuk kasus yang ekstreme, penyakit pembulu darah bisa disembuhkan jika diobati lebih awal. Jika terlambat, bisa berakibat fatal," lanjutnya.

Penyakit GPA bisa sangat berbahaya, dan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian tubuh, hingga membuat ginjal berhenti bekerja. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini berawal dari sistem imun tubuh, tapi banyak juga para ahli yang percaya bahwa GPA muncul dari adanya infeksi dan virus.

Baca Juga: Tampilan 10 Hewan Saat Makan Buah Strawberry Ini Bikin Seram dan Gemas (dwa/odi)