14 Makanan dan Sayuran yang Cepat Menurunkan Berat badan

Tim detikFood - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 14:00 WIB
Textured many fresh, organic and green avocado fruits in full-frame background Foto: iStock/14 Makanan dan Sayuran yang Cepat Menurunkan Berat badan
Jakarta -

Memiliki berat badan yang ideal tampaknya menjadi idaman setiap orang. Namun acapkali berat badan tidak turun-turun meski sudah olahraga, Karena itu sangat penting juga memperhatikan pola makan agar mendapatkan hasil maksimal dalam menurunkan berat badan.

Hal yang perlu diingat ketika ingin menurunkan berat badan ialah prosesnya tidak bisa instan dalam beberapa hari. Tapi dengan dibarengi asupan makanan dan sayuran yang terukur proses menurunkan berat badan relatif bisa lebih cepat. Berikut makanan dan sayuran yang cepat menurunkan berat badan dilansir Healthline:


1. Telur

Telur Orak-arik Gaya PrancisTelur Orak-arik Gaya Prancis Foto: YouTube@BrunoAlbouze

Telur merupakan makanan yang cepat menurunkan berat badan. Meskipun dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada beberapa orang, namun telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika Anda akan menurunkan berat badan.

Suatu studi pada 30 wanita kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan membuat kenyang lebih lama dan membuat peserta studi makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.


2. Sayuran Hijau

Putri Rafika, petani hodroponik teknik NFT melakukan perawatan tanaman bayam dan kangkung di Serua Farm Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (26/6/2020). Pada masa pandemi COVID-19 permintaan sayur tanaman hidroponik mengalami kenaikan hingga 200 persen yang dijual secara daring dan melalui supermarket.Putri Rafika, petani hodroponik teknik NFT melakukan perawatan tanaman bayam dan kangkung di Serua Farm Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (26/6/2020). Pada masa pandemi COVID-19 permintaan sayur tanaman hidroponik mengalami kenaikan hingga 200 persen yang dijual secara daring dan melalui supermarket. Foto: Ari Saputra

Sayuran hijau termasuk kangkung dan bayam, memiliki beberapa sifat untuk diet penurunan berat badan. Mengonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan Anda tanpa menambah kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan tinggi vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

3. Salmon

SalmonSalmon Foto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Salmon juga mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam

Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam adalah makanan yang ramah terhadap penurunan berat badan karena tinggi protein. Protein adalah nutrisi yang paling banyak dikandung pada daging sapi tanpa lemak dan dada ayam. Makan diet protein tinggi dapat membuat Anda membakar hingga 80-100 kalori lebih per hari.


5. Kentang Rebus

Kentang rebus tampaknya tidak disukai karena alasan tertentu. Namun, kentang rebus memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan yang dapat menurunkan berat badan.

Kentang rebus sangat tinggi kalium. Dengan mengonsumsi kentang rebus putih, Anda secara alami akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit dari makanan lain.

6. Tuna

Tuna adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein lainnya. Ikan ini rendah lemak dan populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang giat menurunkan berat badan. Cara ini bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah.

7. Kacang-kacangan

kacang merahkacang merah Foto: iStock

Beberapa kacang-kacangan dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kacang-kacangan itu termasuk kacang merah dan beberapa lainnya. Makanan ini cenderung tinggi protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi yang telah terbukti menyebabkan rasa kenyang lebih lama.

8. Sup

Seperti disebutkan di atas, makanan dan diet dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar makanan dengan kepadatan energi rendah adalah yang mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Tapi Anda juga bisa menambahkan air ke makanan Anda seperti membuat sup.

Namun pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak lemak ke sup Anda, seperti krim atau santan. Hal ini dapat secara signifikan meningkatkan kandungan kalorinya.


9. Keju

Produk susu cenderung mengandung protein tinggi. Salah satu yang terbaik adalah keju cottage, yang mengandung banyak protein dengan sedikit karbohidrat dan sedikit lemak.

Makan keju cottage juga sangat mengenyangkan dan membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

10. Alpukat

Manfaat makan alpukat tiap hariManfaat makan alpukat tiap hari Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

Alpukat adalah buah yang unik. Sebagian besar buah-buahan kaya karbohidrat, alpukat kaya akan lemak sehat. Buah itu sangat tinggi asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun mengandung sebagian besar lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat.

11. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sangat populer di komunitas kesehatan. Cuka sari apel sering digunakan dalam bumbu seperti dressing dan beberapa orang bahkan mencairkannya dalam air dan meminumnya. Beberapa penelitian yang melibatkan manusia menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

12. Kacang

Meskipun tinggi lemak, kacang tidak terlalu menggemukkan badan Anda. Kacang adalah camilan yang sangat baik karena mengandung protein, serat, dan lemak sehat dalam jumlah seimbang. Pastikan untuk tidak makan kacang dalam jumlah berlebihan. Karena kalori mereka masih cukup tinggi.

13. Cabai

Makan cabai disebut dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Cabai mengandung capsaicin, zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat ini bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum dalam banyak suplemen penurun berat badan komersial. Satu studi menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin makan cabai paprika.

14. Yoghurt

Plain Greek Yogurt in a Bowl for BreakfastFoto: iStock

Yoghurt adalah makanan olahan susu yang dapat cepat menurunkan berat badan. Jenis yoghurt tertentu mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus Anda. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu pendorong hormon utama obesitas. Pertimbangkan untuk memilih yogurt penuh lemak. Yoghurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, jadi yang terbaik adalah menghindarinya.



Simak Video "Cegah Haus saat Puasa, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)