Vietnam Larang Perdagangan Hewan Liar Untuk Cegah Virus Corona

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Jul 2020 13:30 WIB
Vietnam Larang Perdagangan Hewan Liar Foto: ABC/iStock/Ist
Jakarta -

Pemerintah Vietnam akhirnya resmi melarang perdagangan hewan liar. Mereka menutup semua pasar yang menjual daging hewan liar untuk mengurangi risiko virus corona.

Vietnam sukses menangani pandemi COVID-19 dengan angka pasien dan kematian yang rendah. Karenanya Vietnam kembali membuat kebijakan terbaru yang melarang perdagangan hewan liar.

Baca Juga: Pemerintah Vietnam Bagikan Makanan Gratis Selama Masa Karantina Virus Corona

Vietnam Larang Perdagangan Hewan LiarVietnam Larang Perdagangan Hewan Liar Foto: ABC/iStock/Ist

Kebijakan ini diumumkan oleh Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc pada hari Kamis lalu. Kebijakan tersebut melarang tegas impor hewan liar yang masih hidup atau sudah mati. Termasuk larangan menjual telur hingga larva.

Dilansir dari ABC (27/07), kebijakan ini juga menerapkan hukum yang lebih berat bagi oknum yang masih menjual hewan liar di Vietnam.

Langkah ini diambil setelah mempertimbangkan risiko kesehatan publik. Penyebaran virus Corona dipercaya datang dari hewan liar. Untuk mengurangi risiko virus serupa di masa depan, kebijakan ini akhirnya diresmikan.

Vietnam Larang Perdagangan Hewan LiarVietnam Larang Perdagangan Hewan Liar Foto: ABC/iStock/Ist

Kebijakan ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai negara, salah satunya Australia. Menurut Menteri Pertanian Australia, David Littleproud menjelaskan bahwa langkah Vietnam ini bisa menjadi dorongan untuk negara lain melakukan hal serupa.

"Vietnam kini tengah mengurangi risiko adanya pandemi atau wabah virus lainnya di masa depan. Sekaligus menunjukkan kepada dunia, bahwa semua negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya dari bahaya. Salah satunya dengan menerapkan kebijakan penjualan hewan liar yang menjadi bagian penting dari semua ini," jelas David.

Dukungan lain juga mengalir dari organisasi kemanusiaan Humane Society International (HSI) di Vietnam.

Vietnam Larang Perdagangan Hewan LiarVietnam Larang Perdagangan Hewan Liar Foto: ABC/iStock/Ist

"Kehadiran pasar yang menjual daging hewan liar merupakan masalah besar di Vietnam sejak dulu. Nafsu makan yang besar akan daging hewan liar tidak hanya membahayakan kelangsungan hidup spesies tertentu, melainkan berbahaya juga untuk kesehatan manusia. Seperti wabah virus Corona yang tengah kita hadapi sekarang," jelas Phong Tham, perwakilan dari HSI.

Kebijakan perdagangan hewan liar di Vietnam tidak datang secara tiba-tiba. Pada akhir Maret lalu, Perdana Menteri Nguyen sudah menugasi beberapa menteri untuk membuat rancangan tentang kebijakan ini.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Vietnam Akan Larang Perdagangan Daging Hewan Liar



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)