Sajian Maknyus Idul Adha

7 Tips Bersihkan Kikil dan Mengolahnya untuk Sajian Idul Adha!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 18:00 WIB
Tips Membersihkan dan Mengolah Kikil Foto: iStock
Jakarta -

Selain daging dan jeroan yang kerap dibagikan saat Idul Adha, ada kikil sapi juga. Berikut 7 tips membersihkan dan mengolah kikil jadi makanan enak!

Kikil merupakan bagian dari kaki sapi yang punya tekstur kenyal dan lengket. Walaupun begitu, kikil bisa dijadikan olahan yang nikmat. Seperti gulai khas Minang hingga sate yang lezat.

Untuk mengolahnya menjadi beragam hidangan lezat, kikil perlu dibersihkan dan direbus terlebih dahulu. Ini untuk menghilangkan aromanya yang tak sedap dan membuatnya empuk.

Karenanya ada sekitar 7 tips yang perlu dilakukan saat Anda ingin mengolah kikil. Mulai dari mengerok kikil agar bulu-bulu yang menempel hilang hingga cara mengolahnya.

Berikut tips membersihkan dan mengolah kikil yang empuk dan tak bau:

Baca Juga: Olahan Daging Kambing dan Sapi Enak untuk Hari Raya di Tengah Pandemi

1. Kerok Bulu yang Menempel Pada Kikil

Tips Membersihkan dan Mengolah KikilTips Membersihkan dan Mengolah Kikil Foto: iStock

Kikil yang didapatkan saat Idul Adha biasanya masih dalam kondisi berbulu dan berbentuk kaki sapi. Alias belum bersih seperti yang sudah ditawarkan di pasaran.

Untuk itu Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel biasanya direbus dalam air mendidih. Bisa juga dibakar di atas bara api agar bulu-bulu itu rontok.

Langkah ini akan mempercepat proses perontokan bulu-bulu pada kikil. Jika sudah, kerok hingga permukaannya bersih.

2. Cuci Bersih Kikil

Setelah dikerok bulu-bulunya, Anda juga harus membersihkan kikil dengan air mengalir. Tujuannya supaya bulu-bulu yang masih menempel bisa benar-benar terlepas.

Bulu-bulu tersebut harus dipastikan bersih agar kikil nantinya enak disantap. Karena kadang bulu-bulu yang menempel pada kikil bisa membuatnya terlihat menjijikkan.

3. Rebus Kikil dengan Bawang Putih

Teh jahe bawang putihTips Membersihkan dan Mengolah Kikil Foto: iStock

Kalau kikil sudah bersih barulah direbus dalam air mendidih. Jangan lupa berikan bawang putih geprek atau yang sudah dihaluskan ke dalam air rebusannya.

Rebus sekitar 30 menit agar menghilangkan aroma tak sedap pada kikil. Selain itu perebusan juga bisa menghilangkan lendir pada kikil yang dapat mengakibatkan lengket ketika diolah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com