Sajian Maknyus Idul Adha

Mantap! Sapi Kurban Ini Bobotnya Lebih dari 1 Ton

Devi Setya - detikFood Sabtu, 25 Jul 2020 17:00 WIB
Jelang Idul Adha kini hewan qurban mulai bermunculan di Jakarta, Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengecek langsung kesiapan hewan qurban di PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, Rabu (16/7/2020). Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Sapi dan kambing jadi hewan kurban favorit di Indonesia. Umat muslim memilih hewan kurban terbaik, termasuk sapi jumbo yang bobotnya lebih dari 1 ton. Mantap!

Bagi orang-orang muslim berkantung tebal, sudah pasti memilih hewan kurban terbaik. Tak sedikit yang membeli sapi jenis limousin yang punya ukuran badan super jumbo dan terbilang sapi ekslusif. Sapi-sapi ini punya bobot lebih dari 1 ton, tentu saja daging yang dihasilkan jauh lebih banyak dibanding sapi lokal jenis biasa yang beratnya sekitar 300-400 kilogram.

Sapi jumbo ini dibanderol dengan harga fantastis hingga ratusan juta rupiah. Tapi untuk sekelas pengusaha atau pejabat, banyak yang memilih sapi jumbo ini sebagai hewan kurban. Salah satu yang sering kurban dengan sapi limousin adalah Presiden Jokowi.

Dilansir dari berbagai sumber, betikut sapi kurban yang bobotnya lebih dari satu ton.

Baca juga : Keren! 28 Bocah Ini Patungan Beli 4 Ekor Sapi Kurban

1. Sapi Limousin 1,2 ton

sapi kurbansapi kurban Foto: istimewa

Sapi dengan bobot 1,2 ton ini menjadi hewan kurban pilihan wanita bernama Cut Annisa. Pada tahun 2018 lalu, wanita ini membeli hewan kurban pada salah satu penjual di kawasan Tangerang. Sapi jumbo ini punya badan kekar dan padat, perawakannya juga tinggi besar.

Dua tahun lalu, sapi dengan berat 1,2 ton ini dibanderol dengan harga Rp 67 juta. Tentu harga ini jauh diatas rata-rata harga sapi lokal. Sebut saja misalnya jenis sapi Bali dengan berat Rp 15-30 juta sesuai bobotnya. Sapi limousin punya postur tubuh yang berbeda dengan sapi lokal karena sebenarnya indukan sapi limousin berasal dari Eropa.

2. Sapi Limousin-Bali 830 kg

Sapi kurban dari Jokowi-JK di Masjid IstiqlalSapi kurban dari Jokowi-JK di Masjid Istiqlal Foto: Sapi kurban dari Jokowi-JK di Masjid Istiqlal (Farih Maulana/detikcom)

Tahun 2017, Presiden Jokowi memilih sapi jenis limousin-Bali sebagai hewan kurban. Bobot sapinya saat itu 830 kilogram. Meskipun tidak mencapai 1 ton, sapi ini punya badan yang kekar dan daging tebal.

Sapi dengan tinggi sekitar 1,98 meter dan panjang 2,2 meter ini dibeli Jokowi dari seorang pedagang sapi di Tarakan. Harga sapinya saat itu mencapai Rp 60 juta. Sapi jenis ini merupakan hasil kawin silang antara sapi limousin dan sapi lokal. Hasilnya terbukti bagus dan kini di Indonesia banyak peternak sapi yang memilih mengawinkan sapi mereka demi kualitas yang lebih baik.

3. Sapi Limousin 1,5 ton

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mulai dilakukan. Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi hewan kurban pertama yang disembelih.Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mulai dilakukan. Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi hewan kurban pertama yang disembelih. Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom


Presiden Jokowi memang langganan kurban sapi berukuran jumbo. Tahun 2016 lalu, Jokowi berkurban satu ekor sapi limousin dengan bobot 1,5 ton. Sapi ini disembelih di Masjid Istiqlal dan kemudian dagingnya dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Sapi dengan kulit dan bulu warna putih ini menjadi sapi terbesar di Indonesia saat itu. Bibit sapi ini berasal dari sapi Ongole dan sapi Brahman yang diimpor. Namun proses perawatan dan penggemukan sudah dilakukan di Indonesia.

4. Sapi Limousin 1,2 ton

Presiden Joko Widodo sumbang 2 sapi kurban di Yogyakarta. Kedua sapi itu telah diserahkan Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, kepada kedua takmir masjid di sana.Presiden Joko Widodo sumbang 2 sapi kurban di Yogyakarta. Kedua sapi itu telah diserahkan Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, kepada kedua takmir masjid di sana. Foto: Arum Safitri

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla juga termasuk langganan kurban dengan sapi jumbo. Tahun 2019 lalu JK berkurban satu ekor sapi limousin dengan berat 1,2 ton. Sapi berusia 3,5 tahun ini disembelih di masjid Istiqlal, Jakarta.

JK juga diketahui berkurban sapi di banyak tempat, bobot sapinya selalu melebihi rata-rata bobot sapi lokal. Saat ini di Indonesia mengenal sapi limousin sebagai hewan kurban ekslusif karena dagingnya yang banyak yakni mencapai 50 persen berat sapi.

Baca juga : Peternakan Sapi Hitam Terbesar di Dunia Ini Punya 32 Ribu Sapi!

5. Sapi 700 kg

sapi kurbansapi kurban Foto: istimewa

Mantan presiden Megawati Soekarno Putri pernah berkurban sapi dengan bobot 700 kilogram. Sapi berkulit cokelat ini disembelih di Masjid Cut Mutia, Menteng, Jakarta Pusat. Sapi ini jadi hewan kurban Megawati pada momen Idul Adha 1440 H atau tahun 2019.

Sapi dengan berat 700 kilogram ini punya tampilan yang kekar dan bongsor. Setelah disembelih, hasil dagingnya kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar. Masjid Cut Meutia memang kerap jadi langganan untuk menyembelih hewan kurban berukuran jumbo karena kawasan ini merupakan tempat tinggal banyak pejabat.



Simak Video "Masak Masak: Resep Buntut Sapi Bakar yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)