Bukan Ayam Biasa, 5 Ayam Ini Harganya Capai Puluhan Juta

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 25 Jul 2020 08:00 WIB
Ayam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life

4. Dong Tao

Ayam Termahal di DuniaAyam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life

Dong Tao atau dikenal juga dengan sebutan ayam naga, merupakan jenis ayam mahal asal Vietnam yang popularitasnya sudah mendunia. Ayam yang satu ini terkenal dengan kaki atau cekernya yang besar dan sedikit menyeramkan.

Bahkan ceker Dong Tao besarnya bisa sama seperti pergelangan tangan manusia. Selain itu potongan daging ayam Dong Tao juga sangat mahal karena rasanya yang enak.

Sayangnya Dong Tao cukup langka karena kaki mereka yang terlalu besar menurunkan produksi telur. Karena kelangkaan ini harganya meningkat tajam, sepasang ayam Dong Tao kisaran harganya bisa mencapai USD 2,500 (Rp 36,6 juta).


5. Ayam Cemani

Ayam Termahal di DuniaAyam Termahal di Dunia Foto: Beautiful Life

Tentu saja Ayam Cemani asal Indonesia masih menempati posisi pertama sebagai ayam paling mahal di dunia. Disebut juga sebagai 'Lamborghini' di spesies unggas, ayam berwarna hitam pekat ini selalu menarik perhatian.

Ayam Cemani terkenal dengan bulunya yang berwarna hitam legam. Tak hanya bagian luarnya bahkan darah dan tulangnya pun berwarna hitam. Spesies Ayam Cemani yang langka dan sulit untuk diternak membuat harganya sangat tinggi.

Terhitung ada sekitar 3500 ekor Ayam Cemani yang tersisa, kebanyakan Ayam Cemani berada di Eropa dan di Indonesia. Bahkan untuk masuk ke dalam waiting list pembelian Ayam Cemani butuh biaya Rp 1,5 juta. Sementara sepasang Ayam Cemani kini kisaran harganay sudah mencapai USD 5000 (Rp 73,3 juta).

Baca Juga: Ayam Cemani Asal Indonesia Dijuluki 'Lamborghini' di Dunia Unggas

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com