Asam Enak! Makanan Fermentasi di 5 Negara Ini Wajib Dicoba

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 13:00 WIB
Makanan Fermentasi di Berbagai Negara Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Punya rasa asam gurih dan enak, makanan fermentasi tak kalah enak dengan makanan lainnya. Makanan fermentasi dari berbagai negara ini wajib dicoba.

Makanan fermentasi merupakan makanan yang diproses menggunakan bantuan mikroorganisme seperti ragi hingga bakteri lainnya. Biasanya makanan fermentasi disimpan dalam jangka waktu tertentu untuk proses penyimpanan.

Selain itu makanan fermentasi juga mengandung banyak nutrisi dan gizi. Bisa membantu menambah bakteri baik untuk usus. Nah di beberapa negara ada banyak makanan fermentasi yang sayang untuk dilewatkan, seperti lahpet dari Myanmar, ada natto dari Jepang, sampai tapai dari Indonesia.

Dilansir dari The Conscious Life (23/07), berikut lima makanan fermentasi di berbagai negara yang wajib dicoba.

Baca Juga: Kimchi Turunkan Angka Kematian COVID-19 di Korsel, Ini Faktanya

1. Chal

Makanan Fermentasi di Berbagai NegaraMakanan Fermentasi di Berbagai Negara Foto: iStock/Ist

Chal atau dikenal juga dengan nama shubat merupakan susuk unta fermentasi yang enak. Susu ini populer di wilayah Kazakhstan, Turkmenistan, dan Xinjiang di China. Berbeda dengan susu lainnya, susu fermentasi yang satu ini punya rasa yang kuat.

Aromanya cukup tajam dan menyengat sehingga beberapa orang enggan untuk mencobanya. Namun bagi warga setempat susu ini merupakan minuman enak yang sayang dilewatkan. Karena proses fermentasinya, chal punya kandungan laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu unta segar.

Selain itu susu ini juga mengandung ragi, alkohol, dan beberapa asam laktat yang kompleks. Biasanya susu yang sudah difermentasi akan ditambah dengan susu unta 3-4 hari setelah chal dibuat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]