Nasi Goreng Mantul

Nikmatnya Nasi Goreng Gongso dan Magelangan Racikan Mas Kamto

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 18:30 WIB
Nasi Goreng Mas Kamto Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Biasanya nasi goreng gongso disajikan dengan babat, tapi racikan Nasi Goreng Gongso Mas Kamto berbeda. Isiannya telur, bakso, ati ampela, hingga sosis. Gimana ya rasanya?

Nasi goreng gongso merupakan olahan nasi goreng khas Semarang. Nasi digoreng dengan sejumlah bumbu rempah tanpa kecap manis. Lalu di atasnya diberikan topping gongso berupa babat yang dimasak dengan bumbu kecap.

Salah satu nasi goreng gongso yang populer dari Semarang adalah Nasi Goreng Mas Kamto. Tapi bedanya nasi goreng gongso di sini tidak menggunakan topping babat bumbu kecap, melainkan telur, sosis, ati ampela, dan bakso yang dimasak dengan bumbu kecap.

Nasi Goreng Mas KamtoNasi Goreng Mas Kamto Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Thole Kitchen Eksis Lewat Nasi Goreng Warna-Warni yang Nyentrik

Tampilannya seperti nasi goreng gila, hanya saja nasi gorengnya tidak dimasak dengan kecap manis. Rasanya sangat gurih dan manis ketika dipadukan dengan toppingnya.

detikFood penasaran dengan racikan nasi goreng gongso di Nasi Goreng Mas Kamto. Sai'in selaku peracik nasi goreng di 'Nasi Goreng Mas Kamto' mengatakan, "Kalau yang di Semarang kan isinya babat. Kita inisiatif sendiri coba terobosan tapi pakai bakso, sosis, dan ati ampela."

Nasi Goreng Mas KamtoNasi Goreng Mas Kamto Foto: dok. detikFood

Tak hanya nasi goreng gongso yang jadi andalan, mereka juga punya menu Nasi Magelangan yang merupakan nasi plus mie telur lalu dimasak ala nasi goreng. Sesuai namanya, nasi goreng ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

"Kalau orang Jawa itu nyebunya nasi mawut. Nasi campur mie isinya bakso dan sosis." tutur Sai'in.

Ada juga mie goreng yang tak kalah enak di sini. Penyajiannya tidak kering tapi agak sedikit basah mirip seperti bakmi Jawa. Rasanya manis gurih tapi porsinya tidak terlalu banyak.

Nasi Goreng Mas KamtoNasi Goreng Mas Kamto Foto: dok. detikFood

Semua bumbu yang digunakan untuk menyajikan nasi goreng dan makanan lainnya dikirim langsung oleh pemiliknya yang ada di cabang utama Semarang. Jadi rasa dan kualitasnya pastinya terjaga.

Nasi Goreng Mas Kamto ini bisa Anda temui di Jalan Tanjung Duren Barat 5 No. 2, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Lokasinya ada di salah satu ruko yang juga menjual Leker Story dan Mie Ayam Kisno. Harga menu di sini mulai dari Rp 17.000 sampai Rp 23.000.

Nasi Goreng Mas KamtoNasi Goreng Mas Kamto Foto: dok. detikFood

Nasi Goreng Mas Kamto yang ada di Jakarta ini merupakan franchise dari cabang utama yang ada di Semarang. Tak hanya di Jakarta dan Semarang, Nasi Goreng Mas Kamto juga hadir di Surabaya dan Banjar Baru.

Baca Juga: Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang



Simak Video "Maknyus! Nasi Goreng Gongso Ala Kedai Mas Kamto"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)