Nasi Goreng, Makanan Ikonik Indonesia

Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 09 Okt 2016 12:00 WIB
Foto: iStock/Thinkstock Foto: iStock/Thinkstock
Jakarta - Nasi goreng khas Semarang ini memakai babat sapi yang kenyal empuk. Ditambah sambal dan kecap manis. Enaknya!

Nasi goreng babat gongso atau nasi goreng babat merupakan makanan wajib jika ada di Semarang. Penjajanya biasa berkeliling ke gang-gang dengan memukul wajan besi. Umumnya mereka masih memakai kayu untuk memasak.

Babat sapi rebus jadi bahan utamanya. Babatnya berupa babat hitam yang belum dikerok. Ada sebagian yang sudah menjual dalam bentuk babat bersih. Dipotong ukuran sekitar 3x4 cm.

Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas SemarangBabat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang

Selain babat rebus juga ada iso, limpa dan paru rebus. Semuanya ditaruh dalam baskom. Saat memesan nasi goreng, pembeli bisa memilih potongan jeroan yang disukai, tak harus melulu babat, bisa campur semua jeroan.

Ciri khasnya adalah bumbu nasi goreng yang berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah dan terasi. Bumbu ini biasanya sudah digoreng dengan minyak.

Saat akan diolah jadi nasi goreng, ditambahkan irisan bawang merah yang ditumis dan bumbu nasi goreng. Kemudian ditambahkan babat atau jeroan lainnya.

Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas SemarangBabat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang

Ciri khas lainnya adalah pemakaian kecap manis yang banyak sehingga warna nasi goreng akan kecokelatan gelap. Rasanya manis gurih dengan semburat pedas.

Jika ingin menambahkan telur, biasanya dicampurkan saat nasi goreng sudah diaduk rata. Di salah satu sisi wajan, telur diaduk dijadikan orak-arik lalu dicampurkan dengan nasi yang sudah diaduk dengan babat.

Pelengkapnya berupa acar mentimun dan cabe rawit hijau dan kerupuk. Karena dimasak dengan wajan besi dan api dari kayu bakar ada jejak sangit dan nasipun jadi renyah di luar karena terkena gesekan wajan panas. Rasa renyah pulen ini yang tak ada duanya.

Babat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas SemarangBabat Gongso Jadi Paduan Unik Nasi Goreng Khas Semarang

Kalau tak mau makan nasi goreng, tetap bisa pesan babat gongso, persis seperti nasi goreng tetapi tanpa nasi. Babat yang diaduk sengan sambal dan kecap ini enak disuap dengan nasi putih.

Beberapa penjual nasi goreng babat yang bisa Anda singgahi di Semarang antara lain, Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang terletak di Jalan Pemuda, samping Jembatan Mberok Semarang. Di sini Anda harus sabar antre.

Atau nasi goreng babat gongso Pak Taman yang ada di depan kantor BPN atau sisi Selatan Stadion Diponegoro. Yang ada sejak barat Semarang, nasi goreng babat Pak Hengky. Kalau makan di sini Anda harus memesan paru gorengnya. Potongan paru besar digoreng garing renyah. Dijamin ketagihan.

Kalau ingin mencoba membuat nasi goreng babat di rumah, Anda bisa lihat resep lengkapnya di sini.

(adr/odi)