Cerita Polisi Italia Temukan Narkoba Bentuk Biji Kopi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 12:30 WIB
Narkoba dalam biji kopi Foto: Oddity Central
Jakarta -

Berbagai cara dilakukan pengedar narkoba untuk menyelundupkan barang haram ini. Termasuk dengan mengemasnya seperti biji kopi!

Penyelundupan narkoba melalui makanan sering terjadi. Ada narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) yang dikemas bersama makanan atau dibuat semirip mungkin dengan tampilan sebuah makanan untuk mengelabui petugas berwajib.

Salah satu yang viral di media sosial adalah penyelundupan narkoba jenis shabu melalui rendang. Hal ini terjadi di Nigeria dimana potongan daging yang cukup besar dijadikan 'pembungkus' shabu yang sebelumnya sudah dikemas plastik kecil.

rendang daging isi narkobarendang daging isi narkoba Foto: Twitter @ukurjalan

Ada juga kisah penyelundupan narkoba dengan media nanas dan pisang. Buah nanas bahkan disebut sebagai buah yang paling sering dipakai pengedar narkoba untuk menjalankan aksinya. Di Spanyol, misalnya, pernah ditemukan 180 kilogram nanas isi kokain pada 2015.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dipakai Untuk Penyelundupan Narkoba

Terbaru, di Italia narkoba diselundupkan melalui biji kopi. Dikutip dari Oddity Central (21/7), pegawai bea cukai di Bandara Malpensa awalnya menemukan paket kecil dari Kolombia yang ditujukan kepada seorang pria bernama Santino D'Antonio.

Sekilas nama itu seperti nama biasa, tetapi bagi penggemar film John Wick yang dibintangi Keanu Reeves akan menyadari kalau Santino D'Antonio adalah nama bos mafia. Ia juga memerankan sosok antagonis di John Wick 2.

Narkoba dalam biji kopiNarkoba dalam biji kopi Foto: Oddity Central

Curiga dengan nama tersebut, pegawai bea cukai lalu memeriksa lebih lanjut paket itu. Secara fisik, di dalam paket terlihat 2 kilogram biji kopi Kolombia yang memang terkenal enak dan sering diekspor.

Dilihat dari jauh, biji kopi tersebut tak mencurigakan. Namun saat diperhatikan lebih dekat ada beberapa biji kopi yang warnanya lebih gelap. Petugas berwajib lantas menemukan bintik-bintik yang lebih gelap pada biji kopi itu adalah potongan pita perekat yang terpisah.

Begitu dibuka dengan cutter, barulah terlihat ada bubuk putih dalam biji kopi yang ternyata kokain. Secara keseluruhan terdapat 130 biji kopi palsu isi kokain di antara 500 biji kopi yang ada dalam paket.

Narkoba dalam biji kopiNarkoba dalam biji kopi Foto: Oddity Central


Petugas berwajib lantas lakukan investigasi untuk menangkap sosok Santino D'Antonio yang namanya tertulis di paket biji kopi. Saat disambangi alamatnya ternyata merujuk pada alamat toko tembakau dan kopi di provinsi Florence.

Pemilik toko sepertinya tidak tahu apa-apa soal penyelundupan narkoba ini. Namun setelah petugas berwajib mengawasi tempat itu selama beberapa hari, sosok Santino muncul untuk mengambil paket biji kopi.

Sosoknya tidak seperti bos mafia yang tergambar di benak banyak orang, melainkan seperti pria 50 tahun pada umumnya yang berpakaian santai. Ia bahkan menyambangi toko dengan naik sepeda.

Begitu meminta paket biji kopi, Santino langsung dibekuk polisi. Rupanya dia adalah penduduk Medellin yang pada masa lalunya dipenuhi kasus tuduhan narkoba.

Baca Juga: Duh! Seorang Ibu Memasukkan Narkoba ke Dalam Bekal Makan Anaknya



Simak Video " Masak Masak: Resep Bikin Bakso Kuburan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)