Disebut Klepon 'Tidak Islami', Ini 5 Makanan dan Minuman Legit Serba Klepon

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 10:30 WIB
Klepon Foto: Ist
Jakarta -

Netizen heboh soal kue klepon 'tidak islami', tetapi jajanan ini justru jadi inspirasi pembuatan kreasi makanan dan minuman. Ada kopi hingga martabak klepon.

Beberapa hari lalu viral soal hoax klepon 'tidak islami'. Kabar hoax yang dibuat oleh kelompok tertentu membuat nama klepon melejit. Padahal jajan pasar klepon ini sudah ada sejak lama. Termasuk jajan pasar favorit.

Klepon dikenal dengan rasanya yang manis dari gula merah, kenyal dan gurih dari kelapa. Nah, rasa yang unik pada klepon itu menginspirasi dalam pembuatan makanan dan minuman lainnya. Makanan dan minuman dibuat dengan elemen bahan dan rasa yang mirip klepon.

Seperti cake yang memakai sponge cake pandan, dioles krim santan dan dilapisi kelapa parut yang diaduk dengan gula merah. Dihiasi dengan bola-bola klepon dan kelapa parut. Atau martabak pandan dengan isian kelapa dan gula merah.

Berikut 5 makanan dan minuman yang terinspirasi dari Klepon.

1. Kopi Klepon

KleponKlepon Foto : detikcom


Sekarang ini banyak kafe-kafe kekinian yang menawarkan menu kopi klepon. Ya, pada sajiannya terbuat dari kopi yang dicampur dengan bahan-bahan dasar membuat klepon seperti santan, gula merah, daun suji atau pandan. Dengan racikan tersebut hingga dapat menghasilkan rasa yang mirip seperti klepon.

Penggunaan daun suji juga untuk membuat tampilannya berwarna hijau. Rasanya kopinya ringan, sementara lebih dominasi rasa kelapa dari campuran santannya. Ada banyak kafe yang menawarkan menu kopi klepon, seperti Langit Seduh yang berada di kawasan Kebon Sirih dan juga di Kopi Se-Indonesia di PIK.

Biasanya harga yang ditawarkan untuk segelas kopi klepon sekitar Rp 27.000 hingga Rp 35.000. Namun, kamu juga bisa membuat sendiri kopi klepon di rumah. Resep tutorial membuatnya juga banyak dibagikan melalui YouTube.

Baca Juga : Klepon 'Tidak Islami', Ini Kisah di Balik Foto Klepon yang Viral

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Viral Klepon Tidak Islami, Pedagang Klepon: dari Mananya?"
[Gambas:Video 20detik]