5 Tips Membuat Orek Tempe Kecap yang Sedap

Odilia WS - detikFood Senin, 20 Jul 2020 10:00 WIB
cara bikin orek tempe Foto: detikfood

2. Tumis bumbu hingga matang

Bumbu orek tempe terdiri dari bawang merah dan bawang putih serta cabe. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak secukupnya hingga benar-benar layu dan harum agar rasa dan aromanya tidak langu. Demikian juga dengan lengkuas dan daun salam yang ditambahkan, tumis hingga harum.

Setelah diaduk rata dengan tempe, kecilkan api dan biarkan beberapa saat agar aroma dan rasa bawang meresap ke dalam tempe sebelum ditambahkan bumbu lainnya seperti cabe, merica bubuk dan garam.

Saat menumis jangan terlalu banyak memakai minyak agar orek tidak menjadi terlalu berminyak. Perkirakan jumlah minyaknya sesuai dengan jumlah bumbunya dan cukup untuk mematangkan bumbu.

cara bikin orek tempeTips membuat orek tempe kecap yang sedap. Foto: detikfood

3. Kecap yang enak

Ada beberapa orang yang menambahkan banyak kecap manis saat membuat orek tempe sehingga warnanya kehitaman dengan rasa manis yang kuat. Ada juga yang menambahkan gula Jawa atau gula pasir.

Yang penting pilih kecap manis berkualitas, tidak terlalu kental dengan rasa kedelai yang enak. Kecap manis sudah cukup manis rasanya, jadi sebenarnya tak perlu ditambahkan gula lagi. Jika ditambahkan gula sebaiknya kurangi takaran kecap manisnya agar rasanya tidak dominan manis.

cara bikin orek tempeTips membuat orek tempe kecap yang sedap. Foto: detikfood

4. Masak hingga meresap bumbunya

Orek tempe kecap yang enak rasa manis dan gurihnya seimbang dengan semburat pedas yang pas dari cabe. Jika terlalu manis rasanya tidak enak lagi. Makanya setelah tempe diaduk dengan bawang merah, bawang putih dan cabe, tambahkan sedikit air.

Akan lebih enak jika ditambahkan air dan kaldu ayam bubuk atau kaldu jamur. Jika ada lebih enak lagi jika ditambahkan kaldu sapi atau kaldu ayam. Rasa alami kaldu akan membuat orek tempe makin sedap.

Untuk membuat Orek Tempe Kecap yang sedap, ikuti resep berikut ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]