Paling Populer! 5 Makanan Ini Bisa Ditemukan di Seluruh Dunia

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 19 Jul 2020 13:00 WIB
Basket of French Fries-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb Camera
Foto: iStock

2. Ikan

Makanan Paling Populer di DuniaMakanan Paling Populer di Dunia Foto: iStock

Hampir semua negara memiliki hidangan seafood masing-masing dengan ciri khas yang berbeda. Tapi dari semua seafood yang disukai, ikan tetap yang paling mendunia. Ada alasan tersendiri mengapa ikan masuk ke dalam makanan yang universal.

Spesies ikan jumlahnya sangat banyak dan berbeda di setiap negara. Lewat perbedaan ini lah, banyak orang yang mengolah ikan menjadi masakan yang menggugah selera. Seperti di Sabah, Malaysia contohnya, ada hidangan hinava yang dibuat dari ikan putih yang dibumbui oleh jeruk.

Kemudian di Indonesia ada gulai kepala kakap khas Minang, dan ratusan hidangan ikan lainnya. Beralih ke negara barat, Inggris punya warisan kuliner ikan tepung Fish and Chips. Sementara negara-negara Nordik di Eropa Utara paling suka menyantap salmon mentah aneka bumbu.

3. Jagung

Makanan Paling Populer di DuniaMakanan Paling Populer di Dunia Foto: iStock

Sama seperti beras, jagung juga sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan jagung dianggap sebagai tanaman suci yang sangat dihargai oleh suku Maya di semenanjung Yucatan, Amerika.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa jagung pertama kali ditanam di Tehuacan Valley di Meksiko, yang menyebarkan ke seluruh bagian di Amerika. Tak heran jagung sangat populer di sana, kemudian diolah menjadi popcorn, corn flakes, sampai jagung manis.

Sementara di wilayah Australia sampai Kanada, jagung disantap sebagai sayuran sehat. Bahkan di Prancis dan Afrika Selatan, jagung jadi topping spesial yang direbus bersama bubur.



Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]