Ragam Olahan Nasi

Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih Enak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Jul 2019 12:06 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi
Jakarta - Olahan nasi juga populer di Spanyol yang diolah jadi paella. Salah satunya black paella dengan paduan seafood segar.

Pada abad ke-10 nasi mulai masuk ke barat daya Eropa. Tumbuhan-tumbuhan padi muncul di wilayah Valencia yang berada di Spanyol, dari sana muncul olahan nasi bernama paella.

Baca Juga: Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik Ini
Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood
"Paella merupakan makanan yang penting di Spanyol. Sebenarnya paella cukup terkenal di Basque, Gallicia , Madrid, dan kota lainnya. Tapi di bagian utara, paella ini bisa sedikit berbeda. Banyak orang yang menaruh kacang, escargot, hingga daging kelinci. Tapi Paella merupakan makanan dari Spanyol yang terkenal di mancanegara," jelas Oskar Urzelai, selaku executive chef di Txoko Jakarta kepada detikFood (10/07).

Chef Oskar yang berasal dari Basque membawa semua hidangan autentik dari Basque, ke Indonesia lewat restoran Txoko yang didirikannya. Salah satu menu yang paling populer ada black paella, olahan nasi hitam dengan aneka seafood segar yang gurih.

"Untuk memasak paella, beras yang kita gunakan ada jenis bomba. Beras ini berasal dari wilayah Valencia, dan punya keunikan dapat menyerap lebih banyak air. Jadi tekstur bomba ini ketika diolah jadi paella lebih lembut, dan rasanya lebih enak karena dia menyerap banyak air," lanjut Chef Oskar.
Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood

Lebih lanjut Chef Oskar menjelaskan paella ini sebenarnya makanan yang sederhana. Hampir seluruh wilayah di Spanyol, orang-orang memiliki seleranya sendiri untuk meracik paella. Ada yang menambahkan daging atau iga babi, aneka sayur, hingga seafood.

Untuk black paella sendiri, hidangan ini populer di wilayah Catalonia. Ciri khasnya terletak pada penggunaan tinta cumi, yang dicampur ke dalam paella saat sedang di masak. Warna nasinya hitam pekat dengan rasa gurih enak.

"Cara membuat black paella ini cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada beras bomba, kemudian kaldu yang terbuat dari tulang ikan, seafood, wortel, dan bawang. Lalu ada paprika merah dan hijau, bawang bombay, bawang putih, tomat cherry, seafood seperti udang, cumi, dan ikan putih. Kemudian tinta cumi, garam, dan minyak zaitun," jelas Chef Oskar sambil memperlihatkan keahliannya memasak black paella.
Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood

Pertama wajan dipanaskan kemudian dituang dengan minyak zaitun, lalu aneka seafood ditumis hingga setengah matang. Selanjutnya ditambahkan beras bomba ke dalam wajan, bersama sayuran dan diaduk hingga rata. Ditambah bawang putih, dan tiga gelas kaldu seafood dan tinta cumi dan diaduk hingga merata.

"Setelah semua bahan masuk, diamkan selama 30 menit. Tak perlu diaduk-aduk, karena beras bomba ini akan matang dengan sendirinya setelah meresap kuah kaldu. Tak perlu ditambahkan air. Kemudian tinta dari cumi ini menciptakan rasa sedikit asin, jadi tak perlu banyak-banyak menaburkan garam," tutur Chef Oskar.
Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood

Meski hanya dimasak dalam waktu kurang dari 30 menit, tapi nasinya sudah matang dengan sempurna. Tak selembut nasi dari Indonesia, tapi rasanya tetap legit dengan aroma harum dari kaldu seafood, ditambah dengan topping cumi, udang, serta ikan yang gurih dan tak amis.

"Paella bisa disantap dengan lauk apapun. Tapi menurut saya paella paling cocok disajikan dengan seafood. Seperti gurita, cumi, kepiting, udang, lobster, ikan, tergantung selera Anda," sambungnya.
Beras Bomba dari Valencia Diolah Jadi Black Paella yang Gurih EnakFoto: dok. detikFood

"Meski black paella berasal dari Catalonia. Tapi banyak orang datang ke sini untuk meminta dibuatkan black paella, sehingga itu lah alasan mengapa saya menyajikan black paella di Txoko." pungkasnya. Di akhir kesempatan, Chef Oskar berharap bahwa ia bisa membawa makanan lainnya dari Basque, untuk dikenalkan di Indonesia.

Baca Juga: Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto Ini (sob/odi)
FOKUS BERITA Ragam Olahan Nasi