Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 14 Jun 2019 18:35 WIB
Seaweed with Squid Mellow Rice buatan Txoko (Foto: dok. detikFood) Seaweed with Squid Mellow Rice buatan Txoko (Foto: dok. detikFood)
Jakarta - Penggemar hidangan Spanyol wajib bersantap di resto ini. Txoko hadirkan masakan khas kota Basque yang terkenal dengan sajian segar dan berkualitas.

Ada beberapa resto Spanyol di Jakarta, tapi kalau mau coba hidangan autentik dari kota Basque, mampirlah ke Txoko. Resto di Jalan Suryo No. 6, Kebayoran Baru ini menghadirkan tapas dan hidangan Basque lain racikan Chef Oskar Urzelai.

Basque sendiri berlokasi di sebelah barat Pyrenees, membentang antara perbatasan Prancis dan Spanyol di pantai Teluk Biscay. Soal kuliner, Basque menjadi 'rumah' dari 16 resto berbintang Michelin. Tahun 2018 bahkan 4 dari World's Top 50 Restaurants ada di Basque.

Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto IniInterior restoran Txoko yang Instagramable (Foto: Txoko)

Ditemui detikFood pada pembukaan Txoko (13/6), Chef Oskar bercerita, "Banyak turis ke Basque khusus untuk gastronomi. Bukan untuk pantai atau gunung, tapi untuk gastronominya," kata chef kelahiran Spanyol yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini.

Chef Oskar memperkenalkan salah satu hidangan khas Basque, pintxos. Berupa camilan kecil yang umum disajikan di bar, mirip dengan tapas. Ciri khas pintxos adalah penggunaan tusuk gigi sebagai alat untuk menyusun beberapa hidangan.

Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto IniChef Oskar Urzelai yang meracik hidangan di Txoko (Foto: Txoko)

"Pintxos terkenal di Basque salah satunya Gilda. Dibuat dari paprika Basque cuma rasanya tidak pedas. Paprika ini diolah jadi acar. Gilda dimakan dengan zaitun dan anchovies. Biasanya jadi 'teman' minum bir atau wine," lanjut Chef Oskar. Rasa Gilda yang begitu asam, kecut, dan asin sangat pas dijadikan hidangan pembuka yang menyegarkan mulut.

Sejarah Gilda terbilang unik. Diciptakan 60 tahun lalu di sebuah bar di San Sebastian, nama Gilda diambil dari nama karakter sebuah film yang diperankan Rita Hayworth. Karakter itu digambarkan judes (pedas) dan sangat menyebalkan (salty), seperti cabai (paprika hijau) dan anchovies atau ikan teri.

Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto IniGilda dengan sentuhan rasa asam, kecut, dan asin (Foto: dok. detikFood)

Mampir ke Txoko juga wajib cicip rotinya yang enak. Roti dari deretan hidangan pembuka disajikan bersama 4 butter berwarna-warni. Tiap butter rasanya berbeda seperti hijau untuk bayam, cokelat untuk jamur, merah untuk bit, dan oranye untuk wortel.

Hidangan lain yang wajib dicicip di Txoko adalah Marinated Salmon with Mustard Ice Cream. Potongan dadu salmon mentah dimarinasi dengan bumbu minimalis. Untuk menikmatinya bisa dicocol ke es krim rasa mustard. Manis alami ikan salmon berpadu pas dengan es krim mustard yang rasanya tajam.

Ada juga Seaweed with Squid Mellow Rice yang menarik perhatian. Hidangan ini mirip Paella khas Spanyol. Bedanya berwarna hijau karena ditambahkan rumput laut. Untuk toppingnya menggunakan cumi yang segar dan kenyal.

Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto IniBasque punya omelet khas bernama Lasao (Foto: dok. detikFood)

Kalau suka omelet, wajib pesan Lasao di sini. Lasao merupakan omelet khas Spanyol yang berisi kentang. Teksturnya tebal dan empuk dengan rasa gurih.

Tak ketinggalan escargot buatan Txoko yang tampilannya cantik. Potongan escargot disajikan bersama saus idiazabal yang diracik dari keju berbahan susu domba mentah. Penyempurnanya berupa puff pastry renyah.

Hidangan Autentik Basque Buatan Chef Spanyol Ada di Resto IniArea bersantap di lantai 1 Txoko (Foto: Txoko)

Menu lain yang ditawarkan resto dengan arti nama "sudut yang nyaman" ini adalah salad burrata dengan dressing pesto merah, garlic prawns pret-a-porter, kroket isi terung dan keju, kentang saus ali olo, dan gurita panggang dengan krim boletus.

Santap di Txoko bisa disempurnakan dengan cicip berbagai wine pilihan. Tersedia lebih dari 50 jenis wine dari Spanyol, Prancis, Amerika Serikat, hingga Australia. Harga bersantap di sini sekitar Rp 400.000 untuk makan malam 2 orang tidak termasuk minuman alkohol. Penggemar hidangan Spanyol, khususunya Basque, wajib mampir ke sini.

(adr/odi)