Gibran Rakabuming Maju Pilkada Solo, Begini Kiprahnya di Dunia Kuliner

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 12:30 WIB
Anak pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sangat jarang disorot kamera. Maklum saja, pria kelahiran Solo 1 Oktober 1987 itu sibuk mengurus bisnis katering bernama Chilli Pari di Solo. Gibran lulusan University of Technology Insearch, Sydney, Australia, pada 2010. Setelah lulus, Gibran bertekad membangun bisnis katering bernama Chilli Pari. Reno/detikfoto Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

2. Punya Usaha Martabak yaitu MARKOBAR

Bisnis martabak modifikasi saat ini semakin digandrungi para pebisnis muda. Salah satunya dilakoni anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.Bisnis martabak modifikasi saat ini semakin digandrungi para pebisnis muda. Salah satunya dilakoni anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Citra Fitri Mardiana

Selain Chilli Pari, bisnis kulinernya merambah ke hidangan manis yang banyak disukai. Beryoa martabak manis, namun dikemas dengan gaya yang kekinian. Namanya MARKOBAR yang merupakan kepanjangan dari 'Martabak Kota Barat'. Kota Barat merupakan tempat gerai pertama martabak manis ini.

Sebenarnya MARKOBAR sudah ada sejak tahun 1996 yang merupakan bisnis martabak milik keluarga Arif Setyo Budi. Namun oleh Gibran Rakabuming, usaha martabak itu dikembangkan dengan konsep lebih kekinian. Martabak yang ditawarkan bentuknya seperti pizza.

Lalu diberikan 8 topping yang berbeda. Para pengunjung dibebaskan memilih topping premium yang disukainya. Diantaranya ada Oreo, cokelat Delfi, Kit Kat, Cadburry, Nutella, hingga Tobleron. Bisnis martabak inipun dikembangkan menjadi puluhan cabang di berbagai kota di Indonesia.

3. Jalankan Bisnis Mangkok Ku dan Goola

Mangkok KuMangkok Ku Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Setelah MARKOBAR, bisnis kulinernya kian melebar. Ia membuka gerai minuman bernama Goola. Di sana minuman yang dijual diberi sentuhan cita rasa tradisional namun dikemas kekinian. Goola muncul pada pertengahan 2018 lalu, gerai pertamanya ada di Jalan Raden Saleh, Jakarta pusat dan berdampingan dengan gerai MARKOBAR.

Ada sekitar 5 racikan minuman yang berbeda, seperti Es Doger Jeger yang terbuat dari tapai singkong, tapai ketan hijau, serutan kelapa, dan foam kelapa yang dicampurkan. Lalu ada juga Es Merdeka, Teh Pandan Coco, hingga Jeruk Nipis Sagu Mutiara.

Lalu setelahnya ia membuka restoran dengan menu andalan rice bowl yang dinamakan Mangkok Ku. Mangkok Ku ini bukanlah usahanya sendiri, tapi juga hasil kerjasamanya bersama sang adik yaitu Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo, dan rekannya yang lain.

Mangkok Ku menawarkan rice bowl dengan rasa yang lezat. Variannya terbuat dari telur, daging sapi, dan ayam. Seperti Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Crispy Chicken, hingga Egg Sausage Mayo. Menunya selalu ditambah sehingga menarik pelanggannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sate Buntel, Gulai Jawa dan Nasi Liwet "
[Gambas:Video 20detik]