Gibran Rakabuming Maju Pilkada Solo, Begini Kiprahnya di Dunia Kuliner

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 12:30 WIB
Anak pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sangat jarang disorot kamera. Maklum saja, pria kelahiran Solo 1 Oktober 1987 itu sibuk mengurus bisnis katering bernama Chilli Pari di Solo. Gibran lulusan University of Technology Insearch, Sydney, Australia, pada 2010. Setelah lulus, Gibran bertekad membangun bisnis katering bernama Chilli Pari. Reno/detikfoto Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Jakarta -

Sebelum maju pilkada Solo, Gibran Rakabuming disibukkan dengan bisnis kulinernya. Salah satunya Chilli Pari yang sudah ia rintis sejak muda, begini kiprahnya!

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak pertama dari Presiden Joko Widodo yang kini berusia 32 tahun. Ia juga telah menikah dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu. Kini dikaruniai 2 orang anak.

Selain dikenal sebagai anak sulung Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka juga seorang pengusaha di bidang kuliner. Chilli Pari adalah usaha kuliner pertamanya sejak tahun 2010 yang bergerak di jasa katering untuk pesta dan acara-acara.

Selain usaha kateringnya, Gibran juga punya beragam usaha kuliner lain. Seperti Markobar yang menawarkan martabak aneka rasa, lalu ada juga MangkokKu yang bekerjasama dengan Chef Arnold Poernomo, Kaesang Pangarep dan rekan lainnya.

Sepak terjang Gibran Rakabuming ternyata tak hanya di bidang usaha kuliner saja. Ia juga akan maju pilkada Solo 2020 sebagai calon walikota didampingi Teguh Prakoso. Majunya Gibran Rakabuming menjadi calon wali kota Solo pun telah direkomendasikan resmi oleh PDIP.

Berikut beberapa fakta kuliner Gibran Rakabuming, mulai dari usaha kulinernya hingga makanan kesukaan.

1. Pendiri Chilli Pari

Anak pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sangat jarang disorot kamera. Maklum saja, pria kelahiran Solo 1 Oktober 1987 itu sibuk mengurus bisnis katering bernama Chilli Pari di Solo. Gibran lulusan University of Technology Insearch, Sydney, Australia, pada 2010. Setelah lulus, Gibran bertekad membangun bisnis katering bernama Chilli Pari. Reno/detikfotoAnak pertama Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka sangat jarang disorot kamera. Maklum saja, pria kelahiran Solo 1 Oktober 1987 itu sibuk mengurus bisnis katering bernama Chilli Pari di Solo. Gibran lulusan University of Technology Insearch, Sydney, Australia, pada 2010. Setelah lulus, Gibran bertekad membangun bisnis katering bernama Chilli Pari. Reno/detikfoto Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

Sebelum menikah, Gibran Rakabuming disibukkan dengan bisnis katering masakan di Solo. Katering tersebut ia beri nama Chilli Pari. Usahanya itu dibuat pada tahun 2010, tepat setelah ia lulus dari kuliah di Australia.

Tak hanya katering saja, tapi Chilli Pari sekaligus usaha wedding organizer yang dibentuk Gibran dan penyewaan Gedung Graha Saba miliknya. Chilli Pari masih berdiri di Solo, tempat dimana Gibran Rakabuming tinggal. Makanan yang ditawarkan oleh Chilli Pari sangat beragam dengan tetap mempertahankan cita rasa tradisional.

Diantaranya Sup Tahu Sawi Asin, Nasi Gunung Sari, Garang Asem Bumbung, Babat Gongso, hingga Es Kapling Cinta. Biasanya katering ini dipesan untuk acara pernikahan. Cocok untuk pasangan yang tak mau ribet karena dilengkapi juga dengan gedung pernikahan hingga hiburannya.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming yang Moncer, dari Martabak hingga Keripik

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sate Buntel, Gulai Jawa dan Nasi Liwet "
[Gambas:Video 20detik]