Segini Jumlah Hot Dog yang Bisa Dimakan Manusia dalam Sekali Makan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 16:00 WIB
hot dog sepanjang 91 cm Foto: Istimewa
Jakarta -

Melahap hot dog sekaligus banyak dilakukan para jawara makan. Para peneliti kemudian mencari tahu berapa jumlah maksimal hot dog yang bisa dimakan manusia dalam sekali makan.

Makan hot dog dalam jumlah banyak bahkan jadi kompetisi tahunan di Amerika Serikat. Namanya "Nathan's Famous Hot Dog Eating Contest" yang berlangsung tiap 4 Juli di Coney Island, bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Kontes ini begitu akrab dengan sosok Joey Chestnut. Ia adalah jawara makan yang sering memenangkan "Nathan's Famous Hot Dog Eating Contest". Terbaru, ia mampu melahap 75 hot dog dalam waktu 10 menit saja.

Kontes makan hot dogKontes makan hot dog Foto: AP Photo

Baca Juga: Menang Lagi! Jawara Makan Ini Habiskan 75 Hot Dog dalam 10 Menit

Pencapaian Chestnut adalah hal luar biasa karena ia memecahkan rekornya sendiri tahun lalu. Tahun 2019, Chestnut diketahui habiskan 74 hot dog dalam waktu yang sama.

Dikutip dari Metro (17/7), para peneliti lantas mencari tahu soal jumlah maksimal hot dog yang bisa dimakan manusia dalam sekali makan. Penelitian dalam jurnal Biology Letters ini menganalisa kapasitas dan plastisitas usus para kontestan "Nathan's Famous Hot Dog Eating Contest".

Hasilnya 84 hot dog ternyata bisa dilahap seseorang dalam sekali makan. Namun jumlah ini bukan berarti berlaku untuk setiap orang. Hanya jawara makan saja yang bisa melakukannya karena mereka sudah terlatih dalam tantangan makan.

Kontes makan hot dogKontes makan hot dog Foto: AP Photo

James Smoliga selaku penulis penelitian dan profesor di departemen terapi fisik High Point University menjelaskan lebih lanjut. "Orang biasa mungkin akan alami masalah kapasitas perut (jika coba makan 84 hot dog)," tuturnya.

Smoliga melanjutkan, "Tapi jawara makan jalani latihan spesifik yang membuat kapasitas perut mereka lebih luas. Jadi untuk para jawara makan top, mungkin masalahnya adalah lebih banyak mengunyah dan makan dalam jangka waktu terbatas."

Jawara makanJawara makan Foto: Istimewa

Jawara makan memang bukan profesi sembarangan. Tak hanya asal makan banyak saat kompetisi, mereka sehari-hari jalani latihan khusus. Salah satunya menenggak berliter-liter minuman agar perut mereka terbiasa mengonsumsi banyak makanan nantinya.

Mereka juga perlu melatih tenggorokan agar bisa masuk banyak makanan sekaligus. Dimulai dari air, makanan yang teksturnya lebih lembut, makanan lebih padat, hingga potongan makanan besar. Seperti ini pengorbanan para jawara makan.

Baca Juga: Terlihat Mudah, Ini 5 Pengorbanan untuk Jadi Jawara Makan



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Nasi Liwet Pedesaan Khas Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)