Tempe Semangit yang Bikin Masakan Jawa Unik Sedapnya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 08:00 WIB
nasi sambal tumpang untuk sarapan Foto: Instagram

4. Manfaat makan tempe semangit

Resep tempe gorengResep tempe goreng Foto: dok. detikFood


Kandungan nutrisi yang lebih kompleks pada tempesemangit membuat bahan makanan ini memiliki manfaat ganda. Tempesemangit bahkan disebut bisa menambah nafsu makan.

Tempe semangit yang mengandung jamur tempe lebih banyak ternyata bsa menyembuhkan infeksi pada tubuh. Jika Anda memiliki luka, dengan konsumsi tempe semangit bisa mempercepat proses penyembuhan luka karena tempe semangit mengandung zat anti bakteri.

Tempe semangit bahkan menurunkan risiko sakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol jahat dalam tubuh. Tempe semangit mengandung lemak tak jenuh ganda, omega 3 dan omega 6 yang mengurangi risiko jantung koroner.

5. Masakan yang pakai tempe semangit


Ada banyak olahan masakan Jawa yang mengunakan tempe semangit sebagai campuran. Di Malang, tempe semangit kerap dibuat menjadi mendhol atau perkedel tempe yang diberi bumbu bawang putih, kencur dan cabe merah. Rasanya gurih pedas.

Sementara di Jawa Tengah, seperti Kediri dan Blitar terkenal dengan sambal tumpangnya. Sambal ini biasanya dimasak dengan santan kental dengan tambahan tempe semangit dan krecek. Dimakan dengan sayuran rebus.

Di Salatiga, tempe semangit kerap jadi bahan masakan tumpang koyor. Sambal tumpang dengan tambahan koyor sapi. Tempe semangit juga kerap ditambahkan dalam sayur lodeh atau campuran tumisan. Aromanya yang khas membuat tempe semangit bikin lebih sedap.

Baca juga :Soponyono : Sedep Tenan! Tumpang Koyor Khas Salatiga di Jakarta

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Tempe Goreng Ragout"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com