Penjual Mie Ayam Ini Mau Dibayar Seikhlasnya Demi Bantu Sesama

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 18 Jul 2020 14:00 WIB
Resep Mie Ayam Abang-abang Mie ayam ilustrasi Foto: iStock
Jakarta -

Demi membantu sesama, pria penjual mie ayam ini ikhlas dibayar dengan harga 'seikhlasnya'. Unggahannya langsung viral dan menuai banyak pujian dari netizen.

Bersedekah merupakan hal yang mulia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah dan membantu sesama. Seperti yang dilakukan oleh pria yang satu ini. Ia adalah Restu Zulfikar yang merupakan pemilik gerai Mie Ayam Marta.

Gerai mie ayamnya tersebut berada di Lotte Mart Fatmawati, Jakarta Selatan. Mendengar lokasinya, biasanya gerai makanan yang berada di dalam mall akan menawarkan harga yang terbilang tinggi. Namun, berbeda dengan gerai mie ayam yang satu ini.

mie ayam enak dan gurihmie ayam ilustrasi Foto: iStock

Baca Juga :Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya

Melalui cuitannya di Twitter (15/07) Restu justru menawarkan harga 'seikhlasnya' untuk semangkuk mie ayam. Tawarannya itu dilakukan semata-mata hanya untuk membantu sesama.

"Assalamualaikum, pagiiii yang berkena mampir dipersilahkan, boleh bawa pulang atau makan di tempat. Sila datang ke warung saya di Lotte Mart Fatmawati l(lantai dasar," tulis cuitannya.

Dalam unggahan tersebut, ia juga membagikan sebuah foto di gerai di mie ayamnya. Di pintu masuk gerainya di pasang sebuah banner yang bertuliskan, 'Makan mie ayam bayar seikhlasnya,'.

Mie ayam bayar seikhlasnyaMie ayam bayar seikhlasnya Foto: Twitter @restuzr1

Jadi, para pengunjung bebas membayar semampunya untuk bisa makan mie ayam di sana. Restu juga menyebut bahwa gerai mie ayamnya tidak menyediakan kasir, hanya kotak amal yang dijadikan wadah untuk menampung bayaran dari pengunjung.

"Silahkan masukkan kotak amal, tidak ada kasir," tulisnya.

Lebih lanjut, pemilik gerai mie ayam itu juga menuliskan bahwa dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk memberdayakan perempuan kepala keluarga, kaum dhuafa hingga memberikan pelatihan anak putus sekolah.

Restu menyebut bahwa tawarannya bukan sebagai ajang promosi dan bukan bersifat temporer. karena di luar ini ia juga memiliki usaha lainnya. Tawarannya ini akan dilakukan selama ia mampu memberikan manfaat untuk orang lain.

mie ayam kondangmie ayam ilustrasi Foto: dok. detikFood

Unggahannya tersebut langsung mendapat 24,2 retweets dan ditanggapi oleh netizen. Banyak dari netizen yang merasa salut dengan jiwa sosial yang dimiliki pemilik gerai mie ayam tersebut, mengingat sekarang ini banyak orang yang berada dalam keadaan sulit karena pandemi.

"Semoga selalu diberikan kelancaran, maju terus usahanya, semoga kebaikanmu dibalas di kemudian hari," tulis netizen.

"Mantul, semoga diberikan kelancaran usahanya dan dibalas Allah dengan sebaik-baiknya. Aamiin, tetap beri manfaat bagi orang dan semoga kamu dapat seperti anda," tulis netizen lainnya.

Selain gerai mie ayam, ada juga sebuah warung makan di Kudus, Jawa Tengah yang menawarkan hal yang sama. Warung tersebut dinamakan 'Warkas' atau singkatan dari Warung Ikhlas. Warung tersebut diinisiasi oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama kecamatan Mejobo, Kudus.

Adanya warung makan bayar seikhlasnya ini adalah untuk membantu warga sekitar yang terdampak virus corona. Setiap harinya warungnya selalu ramai, apalagi pada saat bulan puasa kemarin.

Baca Juga : Pandemi Corona, Warung di Kudus Ini Sediakan Makanan Bayar Seikhlasnya



Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)