Cerita 4 Bocah yang Berhasil Beli Hewan Kurban, Rela Tak Jajan!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 13:30 WIB
Kisah Bocah Kurban Foto: Yakub Mulyono / detikcom

2. Kisah 7 Bocah Beli Hewan Kurban

Sebanyak 7 bocah asal Bogor rela menyisihkan uang jajan agar bisa membeli hewan kurban.Sebanyak 7 bocah asal Bogor rela menyisihkan uang jajan agar bisa membeli hewan kurban. Foto: Solihin/detikcom

Kisah 7 bocah laki-laki yang membeli hewan kurban ini sempat viral tahun lalu. Ide pembelian hewan kurban ini digawangi oleh Abu Bakar (Iki) yang saat itu berusia 13 tahun. Iki mengajak keenam temannya yang lain untuk ikut menabung.

Iki pun menceritakan keinginannya tersebut kepada sang ibu. Awalnya mereka hanya ingin menabung biasa untuk kebutuhan sekolah. Tapi, ternyata sang anak punya pemikiran lain dan ingin sekali berkurban.

Ketujuh bocah laki-laki itu berasal dari Jalan Ardio, Cibogor, Bogor Tengah. Mereka bertujuh rela menyisihkan uang jajan selama 10 bulan dan berhasil mengumpulkan uang hingga Rp 14 juta. Dalam sebulan setidaknya setiap anak mengumpulkan sekitar Rp 300.000-an.

Baca Juga: Inspiratif! 7 Bocah Asal Bogor Tabung Uang untuk Beli Hewan Kurban

3. Kisah Pelajar SD Jember Kurban Kambing

Kisah Bocah KurbanKisah Bocah Kurban Foto: Yakub Mulyono / detikcom

Kisah bocah yang berkurban lainnya datang dari Jember, Jawa Timur. Bukan berkurban sapi, tapi seorang pelajar ini berkurban kambing. Walaupun begitu, tapi usahanya menambung untuk membeli hewan kurban tersebut patut diacungi jempol.

Bocah laki-laki yang saat itu adalah seorang pelajar SD kelas 2 ini bernama Izzat Zivin Gati Ramadhan. Awalnya Izzat punya impian untuk membeli rumah sendiri sejak TK, namun ayahnya memberikan ide membeli kambing saja untuk dikurbankan. Izzat mengatakan kepada detikcom, "Ya sudah buat beli kambing kurban saja. Biar bisa dipakai tunggangan di surga."

Kisah Izzat ini terjadi pada tahun 2018. Izzat mengungkapkan kalau dirinya menabung selama 4 tahun dari TK nol kecil. Ia menabung setiap harinya sebanyak Rp 500 sampai RP 1.000, hingga akhirnya terkumpul Rp 2 juta lebih.

Baca Juga: Cerita Pelajar SD Kurban Kambing dari Hasil Menabung 4 Tahun

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com