Keren! 28 Bocah Ini Patungan Beli 4 Ekor Sapi Kurban

Devi Setya - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 11:30 WIB
bocah kurban sapi Foto: instagram seribusapikurban dan kitabisa.com
Jakarta -

Ibadah kurban memang hanya untuk orang mampu, tapi bocah-bocah cilik ini membuktikan kalau mereka bisa membeli sapi secara patungan. Aksi kerennya bikin banyak orang terinspirasi.

Tahun ini Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, umat muslim sudah mulai menyiapkan berbagai hal untuk menyambut Idul Adha. Penjual hewan kurban mulai menggelar dagangan, demikian juga orang yang ingin berkurban sudah mulai mencari hewan kurban terbaik untuk disembelih.

Ibadah kurban memang hanya diwajibkan bagi orang yang mampu, tapi ternyata ada juga bocah-bocah keren yang patungan untuk membeli hewan kurban. Harga kambing dan sapi yang terbilang tinggi ternyata tak menyurutkan niat para bocah untuk berkurban.

bocah kurban sapibocah kurban sapi Foto: instagram seribusapikurban dan kitabisa.com

Baca juga : Kaesang Bandingkan Kurban 1 Ekor Sapi dengan 600 Kg Kaldu Sapi

Dilihat dari instagram @seribusapikurban, aksi kurban para bocah ini diprakarsai oleh bocah bernama Iki. Bocah bernama lengkap Abu Bakar ini memang baru menginjak usia 14 tahun namun pemikirannya sudah bikin banyak orang berdecak kagum.

Tahun lalu Iki sempat viral saat aksinya membeli seekor sapi untuk kurban. Iki tak sendiri, ia mengajak 6 orang temannya untuk ikut patungan uang yang nantinya digunakan untuk membeli sapi.

Aksi Iki ini terulang lagi di tahun 2020, kali ini bahkan temannya jauh lebih banyak yang ikut turut andil berkurban. Ada 28 bocah termasuk Iki yang mengumpulkan uang hingga akhirnya bisa membeli 4 ekor sapi.

"Sebuah kisah inspiratif dari adik kita Iki. Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita tentang semangat berkurban⁣. Tahun lalu, Iki dan 6 temannya berhasil qurban 1 ekor sapi. Tahun ini, Iki berhasil menginspirasi 27 temannya untuk ikut patungan qurban 4 ekor sapi. Masya Allah⁣" tulis akun instagram @seribusapikurban.

Iki dan teman-temannya ini bukanlah kalangan orang berada, beberapa rekan Iki bahkan berstatus anak yatim. Setiap hari, Iki dan teman-temannya menyisihkan uang Rp 5.000 sampai Rp 10.000 untuk ditabung. Mereka membutuhkan waktu sekitar 10 bulan hingga akhirnya uang mereka cukup untuk membeli sapi.

Ibunda Iki bahkan sempat kaget dan tak percaya saat anaknya menyampaikan niat untuk berkurban sapi. "Dia cerita katanya mau beli sapi buat kurban, saya mah kaget, 'Iki emangnya harga sapi seribu dua ribu?' Tapi kalau memang sudah niat, mantapkan niat buat nabung, sholat lima waktunya jangan ditinggal," ujar Ibu Iki.

bocah kurban sapibocah kurban sapi Foto: instagram seribusapikurban dan kitabisa.com

Baca juga : Wow! Sekarang Bisa Kurban Pakai Daging Wagyu Seharga Rp 95 Juta

Sebelum mengumpulkan uang, Iki lebih dulu mengajak teman-temannya. Tak disangka, akhirnya ada 27 orang yang mau ikut menabung untuk berkurban bersama Iki.

Aksi Iki dan teman-temannya ini kemudian menginspirasi banyak orang. Pasalnya aksi Iki dan teman-temannya ini tidaklah mudah, mereka harus konsisten menabung hingga uangnya cukup.

Jika dilihat dari pasaran harga sapi kurban tahun ini, jenis sapi Bali dibanderol mulai harga Rp 14 juta - Rp 25 juta tergantung ukurannya. Artinya Iki dan 27 temannya mampu menabung sekitar Rp 80 juta. Keren!



Simak Video "Sop Tulang Sapi, Sajian Tulang Kaki Sapi yang Bernutrisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)