Kisah Tragis Pengantin Tewas karena Alergi Kacang di Pesta Pernikahannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 14:00 WIB
Pengantin wanita tewas karena alergi kacang Foto: Daily Star
Jakarta -

Pengantin ini seharusnya berbahagia usai menikah, namun takdir berkata lain. Ia tewas karena reaksi alergi parah karena tak sengaja makan kacang.

Daily Star (13/7) mengabarkan pengantin wanita ini tewas saat pesta pernikahannya yang mewah berlangsung di sebuah istana Rusia. Wanita tersebut bernama Alexandra Erokhova yang menikah di usia 25.

Alexandra diketahui makan dessert sesaat setelah upacara pernikahan. Ia lantas alami reaksi alergi ekstrem hingga membuatnya meninggal dalam keadaan lemas di meja.

Pengantin wanita tewas karena alergi kacangPengantin wanita tewas karena alergi kacang Foto: Daily Star

Keluarga langsung menelepon ambulans untuk menuju tempat resepsi di Tsaritsyno Palace yang didirikan Catherine the Great di Moscow. Tempat ini memang populer dijadikan lokasi pesta pernikahan.

Tak berselang lama, ambulans bersama tim medis sampai ke lokasi namun tidak bisa menyelamatkan nyawa pengantin wanita. Dokter mengatakan Erokhova alami "syok anafilaksis" yang diyakini dipicu alergi kacang.

Alexandra ternyata memang alergi kacang sejak kecil. Kerabat sudah menyampaikan pada tim yang memasak di pesta pernikahannya untuk tidak memasukkan unsur kacang apapun pada makanan mereka, namun sepertinya ini terlewatkan.

Many peanuts with a syringe and a bottle of medication for allergy on a wood tableclothAlergi kacang bisa sebabkan kematian Foto: iStock

Laporan menyebut dessert yang dimakan Alexandra memang mengandung kacang. Kini polisi sedang melakukan investigasi lebih lanjut terkait tragedi ini.

Anafilaksis sendiri merujuk pada reaksi alergi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa. Reaksi ini dapat terjadi dalam hitungan detik atau menit sejak terpapar benda yang memicu alergi (alergen).

Gejalanya mulai dari yang ringan seperti ruam kulit, mual, dan muntah hingga kesulitan bernapas dan shock. Biasanya syok anafilaksis ditangani dengan pemberian epinefrin untuk mencegah kematian.

Baca Juga: Alergi Kacang Bisa Sebabkan Kematian

Sebelum Alexandra, kisah alergi kacang yang juga viral datang dari gadis 16 tahun di Inggris. Ia bersantap di restoran India bernama Gulshan bersama keluarganya. Salah satu makanan yang ia santap adalah kari.

Bengali Fish Curry (Doi Maach)  cooked in yogurt  gravy,top down viewKari India mengandung kacang Foto: iStock


Sebelum melahapnya, gadis tersebut bertanya pada pelayan apakah makanan yang disajikan bebas dari kacang. Sang pelayan mengatakan iya. Akhirnya gadis itu memakan kari, namun tak lama berselang ia alami efek samping.

Lidah gadis itu tiba-tiba saja terasa seperti tergelitik dan bengkak. Ia sampai dilarikan ke rumah sakit karena hal ini. Setelah diusut, penyebabnya adalah kacang pada campuran kari.

Bukannya berempati, pihak restoran malah menagih biaya makan keluarga gadis itu. Tak terima, pihak keluarga menuntut balik hingga membuat restoran berakhir membayar denda Rp 69 juta kepada mereka.

Baca Juga: Restoran Didenda Rp 69 Juta Karena Sajikan Kari Kacang pada Konsumen Alergi Kacang



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)