Restoran Didenda Rp 69 Juta Karena Sajikan Kari Kacang pada Konsumen Alergi Kacang

Riska Fitria - detikFood Jumat, 29 Nov 2019 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Karena menyajikan kari berisi kacang kepada pengunjung yang memiliki alergi kacang, restoran India di Inggris dituntut untuk membayar denda sebesar Rp. 69 juta.

Gadis berusia 16 tahun ini berniat menikmati semangkuk kari ayam masala di sebuah restoran India bernama Gulshan di Inggris bersama keluarganya. Setelah memesan makanan, seorang pelayan pun langsung menyajikan semangkuk kari tersebut.

Karena gadis tersebut memiliki alergi kacang, maka ia menanyakan keamanan dari kari pesanannya kepada pelayan. Saat itu pelayan mengatakan bahwa karinya aman untuk dikonsumsi.
Restoran Didenda Rp 69 Juta Karena Sajikan Kari Kacang pada Konsumen Alergi KacangFoto: iStock

Namun, kenyataannya tidak demikian. Ketika beberapa suap kari dimakan, gadis tersebut justru mengalami hal tak terduga. Tiba-tiba saja lidah gadis itu seperti tergelitik dan membengkak. Ternyata dalam mangkuk kari pesanannya terdapat campuran kacang.

Keluarga gadis pun menjadi panik dan sesegera langsung membawa putrinya itu ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. Mereka pun langsung menuju ke Rumah Sakit Umum North Tyneside sebelum akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Perawatan Darurat Spesialis Northumbria di Cramlington.

Ketika berada di rumah sakit, keluarga korban dikejutkan dengan pernyataan dari Pengadilan Negeri North Tyneside. Dalam pernyataannya, pengadilan negeri tersebut mengatakan bahwa pihak restoran telah menuntut gadis dan keluarganya untuk membayar makanan yang dipesan saat itu.
Restoran Didenda Rp 69 Juta Karena Sajikan Kari Kacang pada Konsumen Alergi KacangFoto: iStock

Baca Juga : Alergi Kacang Bisa Sebabkan Kematian

Mendengar itu pihak keluarga pun menjadi kesal karena pihak restoran sama sekali tidak menunjukkan sikap empatinya. Akhirnya pihak keluarga pun balik memberi tuntutan sehingga restoran tersebut terjerat pasal 14 ayat 1 dari peraturan Food Safety Act 1990.

Sehingga pemilik restoran Gulshan, Sonero Tynemouth Ltd harus membayar denda sebesar Rp. 69 juta. Itu karena pihak restoran kedapatan bersalah melanggar pasal tersebut, lapor Daily Mail (28/11).

Dari kasus ini, Ian Palmer dari Pengadilan Negeri North Tyneside Council mengatakan bahwa korban dan keluarganya sebelum datang ke restoran mereka sudah menghubungi restoran melalui telepon untuk memastikan bahwa makanannya tanpa campuran kacang.
Restoran Didenda Rp 69 Juta Karena Sajikan Kari Kacang pada Konsumen Alergi KacangFoto: iStock

Bahkan saat datang ke restoran mereka terus diyakini oleh pelayan bahwa makanannya bebas kacang. Padahal setelah kejadian ini tim investigasi melakukan penelusuran dan menemukan bahwa dalam kari tersebut mengandung protein kacang tanah yang bisa berbahaya bagi orang yang memiliki alergi kacang.

Hal ini mengakibatkan peringkat kebersihan makanan untuk Gulshan menurun dari empat menjadi satu. Selain itu ia juga diwajibkan untuk membayar denda atas pelanggaran yang dilakukan.

Baca Juga : Karena Alergi Kacang Parah, Wanita ini Terpaksa Berhenti Kuliah

Simak Video "Bikin Laper: Makan Mun Haisom hingga Scallop Cah Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)