Contek 7 Tips Chef Meracik Mie Instan Agar Lebih Lezat

Riska Fitria - detikFood Rabu, 15 Jul 2020 08:00 WIB
Tips meracik mie instan Tips meracik mie instan Foto: iStock
Jakarta -

Meski sederhana, mie instan bisa diracik dengan istimewa. Contek saja beberapa tips chef meracik mie instan agar lebih lezat.

Mie instan banyak dipilih sebagai menu praktis buat sarapan atau makan siang. Cukup dengan merebus mie, kuah, menambahkan bumbu instan dan semangkuk mie siap disajikan dalam beberapa menit.

Namun, untuk membuatnya lebih lezat dan istimewa lagi, kamu bisa mengikuti beberapa tips meracik mie instan yang dibagikan oleh para chef ini. Tipsnya berkaitan dengan cara memasak, dan tambahan bahan-bahan sebagai pelengkap.

Jadi, kamu bisa memadukan dengan bahan-bahan pelengkap tersebut sesuai dengan selera. Dilansir dari Insider (07/07) berikut 7 tips meracik mie instan dari para chef.

1. Merebus Mie dalam Kaldu

Tips meracik mie instanTips meracik mie instan Foto: iStock

Biasanya mie instan direbus dalam air. Namun, untuk membuatnya lebih lezat, kamu bisa merebus mie dengan kaldu. Selain membuat rasanya lebih lezat, cara tersebut dapat membuat mie instan lebih beraroma.

Tips meracik mie instan tersebut dibagikan oleh Deanna Kang, seorang chef sekaligus penguji resep di Asian Test Kitchen. Ia menyarankan untuk merebus kaldu, seperti kaldu ayam atau sayuran.

Atau kalau ingin yang lebih unik lagi, kamu bisa menggunakan susu sebagai kuahnya. Campuran susu pada mie instan akan membuat rasanya lebih creamy. Mie instan kuah susu bahkan pernah viral di media sosial.

Baca Juga : Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

2. Tambahkan Kecap Asin

Tips meracik mie instan agar rasanya lebih umami bisa dengan menambahkan kecap atau shoya sauce. Tips meracik rame instan ini disarankan oleh Chris Riley, seorang chef dan pendiri The Daring Kitchen.

"Shoya sauce atau kecap Jepang dapat meningkatkan rasa dan kompleksitas mie instan. Jika kamu lebih suka bumbu, kamu juga bisa masukkan saus sambal ke dalam racikannya," ujar Riley.

Selain rasanya lebih umami, mencampurkan kecap ke dalam racikan mie instan juga lebih sehat daripada menggunakan bumbu-bumbu instan yang mengandung MSG. Jika dirasa racikan mie instan kurang gurih, tambahkan saja kecap Jepang ke dalamnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3