Belanja di Pasar Modern

Ini 5 Pasar Induk Terbesar di Indonesia, Ada di Aceh hingga Solo

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 07:00 WIB
pasar gede solo Foto: Odilia Winneke

4. Pasar Johar - Semarang

Pasar Johar Semarang, Senin (30/12/2019).Pasar Johar Semarang, Senin (30/12/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Selain di Solo, ada juga pasar induk di Semarang yang dikenal dengan nama pasar Johar. Pasar ini tak lain adalah peninggalan Belanda. Bangunan pasar yang megah dan kokoh ini didesain oleh arsitek Belanda, Herman Thomas Karsten.

Menelusuri sejarahnya, pasar Johar Semarang dibangun pada 1937. Meskipun besar, sirkulasi udara di pasar ini terbilang bagus karena desain bangunannya memiliki langit-langit yang tinggi.

Mau cari sembako, bahan makanan segar, kudapan khas Semarang hingga pakaian atau pernak-pernik, bisa menyambangi pasar ini. Bagi yang gemar mengoleksi barang antik, pasar Johar ini juga bisa jadi tujuan belanja.

5. Pasar Beringharjo - Yogyakarta

Oleh-oleh pasar beringharjoOleh-oleh pasar beringharjo Foto: (Usman Hadi/detikTravel)


Pasar Beringharjo sudah jadi tempat ikonik yang sayang kalau dilewatkan saat berkunjung ke Jogja. Pasar induk tertua di Jogja ini memiliki bangunan unik yang mengusung gaya Belanda dan Jawa.

Pasar yang sudah beroperasi sejak zaman Belanda ini juga terkenal sebagai pusat penjualan batik terbesar di Indonesia. Bukan hanya batik, di sini juga ada penjual makanan mulai dari jajanan kering, menu sarapan dan gudeg sederhana yang bisa jadi menu sarapan.

Jalan-jalan di pasar induk Beringharjo tak akan membuat bosan, mata dan lidah bisa dimanjakan. Jangan lupa siapkan uang tunai kalau mau belanja di pasar ini.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Eksistensi Pasar Muara Karang di Tengah Pertumbuhan Pasar Modern"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)