Belanja di Pasar Modern

Ini 5 Pasar Induk Terbesar di Indonesia, Ada di Aceh hingga Solo

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 07:00 WIB
pasar gede solo Foto: Odilia Winneke
Jakarta -

Pasar tradisional seolah jadi bagian budaya di Indonesia. Beberapa daerah bahkan memiliki pasar induk terbesar yang tersebar dari Aceh hingga Solo.

Kini banyak pasar modern yang bisa jadi tempat belanja berbagai kebutuhan sehari-hari. Jauh sebelum adanya pasar modern, Indonesia sudah punya beberapa pasar induk yang besar dan megah. Pasar induk ini bahkan terbilang legendaris.

Sebut saja misalnya di Aceh ada pasar Peunayong yang menjual ikan dan sayuran segar setiap hari, atau pasar Gede di Solo yang tercatat sebagai pasar tertua dan terbesar di Solo. Kemudian di Bukit Tinggi juga ada pasar Aur Kuning yang menghadirkan berbagai kebutuhan harian sampai oleh-oleh khas Minang.

Berikut pasar induk terkenal yang ada di Indonesia.

1. Pasar Peunayong - Aceh

Meugang, tradisi Aceh sambut Ramadan dengan makan daging bersama keluarga (Agus Setyadi/detikcom)Meugang, tradisi Aceh sambut Ramadan dengan makan daging bersama keluarga (Agus Setyadi/detikcom) Foto: Meugang, tradisi Aceh sambut Ramadan dengan makan daging bersama keluarga (Agus Setyadi/detikcom)


Pasar Peunayong merupakan pusat jual beli barang kebutuhan harian di Banda Aceh. Pasar ini juga jadi pasar terbesar di Aceh. Nama peunayong berasal dari bahasa China yang artinya memayungi. Daerah peunayong memang dihuni banyak masyarakat etnis China, Persia dan India.

Kawasan Peunayong sendiri merupakan wilayah kota tertua di Banda Aceh. Kegiatan berjualan merupakan mata pencaharian masyarakat di kawasan ini. Cikal bakal pasar Peunayong kabarnya sudah ada sejak abad ke-17. Dahulu bahkan ada pedagang musiman yang datang ke pasar Peunayong menggunakan kapal pesiar lintas negara.

Pasar Peunayong selalu jadi pusat belanja daging pada tradisi meugang atau membeli daging jelang Lebaran. Baru-baru ini, pemerintah Kota Banda Aceh memutuskan mengubah Pasar Peunayong sebagai kawasan kuliner.

Baca juga : Pasar Tomohon, Pasar di Sulut yang Jual Hewan Liar Seperti di Wuhan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]