5 Fakta Seputar 'Dead Man's Fingers', Jamur yang Persis Jari-jari Mayat

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 12 Jul 2020 15:30 WIB
Jamur Dead Mans Fingers Foto: Xylaria/Boredpanda
Jakarta -

Viral karena bentuknya yang mirip sekali seperti jari-jari mayat yang menghitam. Jamur satu ini punya nama beken 'Dead Man's Fingers' yang bikin penasaran.

Beberapa waktu yang lalu halaman Facebook bernama Mushroomcore, membagikan foto-foto jamur aneh yang menyeramkan. Jamur ini berbeda dengan yang lain, karena bentuknya menyerupakan jari-jari manusia yang sudah busuk atau jari-jari mayat.

"Saya melihat jari manusia yang sudah meninggal di bawah pohon. Ternyata itu jamur, dan saya berpikir bahwa jamur itu merupakan dekorasi dari Halloween," jelas Regan Daniels dari North Carolina yang memviralkan jamur ini.

Terlepas dari bentuknya yang menyeramkan, tapi jamur yang satu ini sudah ada sejak dulu. Berikut beberapa fakta menarik seputar Dead Man's Fingers atau jamur jari mayat yang bikin penasaran.

Baca Juga: Ini Cara Benar Memasak Jamur Menurut Peneliti

1. Xylaria Polymorpha

Jamur Dead Man's FingersJamur Dead Man's Fingers Foto: Xylaria/Boredpanda

Punya nama beken Dead Man's Fingers, jamur yang satu ini nama latinnya Xylaria Polymorpha. Jamur ini masuk ke dalam kategori saprobik yang biasanya ditemukan di dalam hutan.

Jamur ini tidak tumbuh di tanah luas, melainkan tumbuh di dasar tunggul pohon atau potongan kayu yang sudah membusuk. Ketika tumbuh, bagian atas jamur yang mirip seperti jari manusia keluar dari sela-selah pohon.

Karenanya tampilannya mirip seperti jari mayat yang terperangkap di bawah pohon. Jamur yang satu ini banyaknya ditemui di wilayah Amerika Utara sampai di seluruh daratan di Eropa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]