Fakta Ikan Blobfish, Ikan Jelek yang Rasa Dagingnya Tawar

Devi Setya - detikFood Minggu, 12 Jul 2020 15:00 WIB
ikan blobfish Foto: fact sea/istimewa

4. Rasa dagingnya tawar

ikan blobfishikan blobfish Foto: fact sea/istimewa


Ikan blobfish sebenarnya aman dikonsumsi dan tidak beracun, namun peminatnya sangat sedikit karena daging ikan ini tidak enak. Ikan blobfish memiliki daging yang lembek seperti lemak, rasanya juga hambar dan sama sekali tidak gurih seperti ikan laut lainnya.

Dilansir dari Facts Net (11/7) ikan blobfish termasuk yang sulit ditemui di pasaran. Kalaupun tertangkap oleh nelayan, biasanya bukan untuk dimakan melainkan dijadikan bahan penelitian atau untuk diawetkan.

Alasan inilah yang kemudian membuat melayan ogah menjaring ikan blobfish. Habitatnya yang di dasar laut juga menyulitkan proses penangkapan. Nelayan lebih memilih menangkap ikan yang lebih enak dan laris di pasaran. Sesekali ikan blobfish tersangkut dalam jaring nelayan.

5. Termasuk ikan langka

ikan blobfishikan blobfish Foto: fact sea/istimewa


Ikan blobfish termasuk salah satu jenis ikan langka. Para peneliti bahkan belum menemukan cara reproduksi ikan unik ini. Ikan betina dapat menghasilkan ribuan telur dalam sekali reproduksi namun anak-anak ikan blobfish tidak banyak yang mampu bertahan hidup.

Telur yang siap menetas akan dijaga oleh ikan jantan dan betina karena habitat mereka tidak ditumbuhi tanaman laut maupun alga. Telur-telur ikan blobfish tak jarang hanyut terbawa arus sehingga tidak bisa menetas dan menghasilkan bayi ikan yang baru.

Baca juga : Makan Ikan Hidup Jadi Tradisi Unik Pengobatan Masyarakat India

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)