5 Seniman Ini Pakai Makanan Untuk Bikin Karya Seni Keren

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 16:00 WIB
Seniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse
Jakarta -

Selain kanvas dan kuas, banyak seniman dunia yang punya cara unik untuk berkarya. Seniman ini pakai makanan untuk bikin karya seni.

Banyak seniman yang punya kreativitas tanpa batas. Untuk menuangkan ide mereka, biasanya beberapa seniman beralih menggunakan benda lain yang terkadang tak ada hubungannya sama sekali dengan seni.

Makanan jadi objek favorit para seniman modern. Seperti seniman bernama Lennie Payne yang mahir membuat lukisan dari roti. Kemudian ada juga seniman Stephanie Sarley, yang secara sensual menggambarkan buah sebagai karya seninya.

Dilansir dari Listverse (10/07), berikut lima seniman yang pakai makanan untuk bikin karya seni.

1. Keju

Seniman Pakai MakananSeniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse

Keju lumer yang meleleh ternyata tak hanya enak jadi topping makanan saja, tapi juga keren dijadikan karya seni. Lewat tangan dingin Cosimo Cavalerro, seniman ini punya karya seni dari keju yang sejarahnya cukup unik.

Saat itu ia tak sengaja menjatuhkan keju leleh di kursinya. Sekarang karya seninya tak jauh dari sofa yang dilumuri keju leleh, kamar hotel yang dipenuhi lelehan keju, sampai gaun unik dengan sentuhan keju leleh.

Selain keju ia juga menggunakan cokelat. Ia pernah dikritik tajam setelah membuat patung Yesus menggunakan cokelat. Lalu pada 2019 lalu ia membuat dinding keju di perbatasan Meksiko-AS sebagai karya seninya.

2. Kepala Ikan

Seniman Pakai MakananSeniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse

Jika biasanya kepala ikan dimasak menjadi gulai atau kari, tapi di tangan seniman Anne Catherine kepala ikan jadi hal yang berbeda. Anne sengaja menggunakan potongan kepala ikan untuk merampungkan karya seninya.

Biasanya ia membuat replika beberapa benda seperti manusia. Hanya saja figur manusia digantikan oleh kepala ikan. Keunikannya ini berasal dari ketertarikannya sejak kecil kepada hewan yang masih hidup atau sudah mati.

Dulu ia sering mengubah koleksi bonekanya sebagai baju tikus peliharaannya. Sekarang ia terkenal karena mahir menghias kepala ikan menjadi rangkaian seni modern yang menarik untuk dilihat.

3. Buah

Seniman Pakai MakananSeniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse

Masuk ke dalam seni modern, buah juga jadi objek favorit para seniman untuk menuangkan kreativitas mereka. Seperti seniman muda bernama Stephanie Sarley yang rutin mengunggah video dan foto tentang seni buahnya.

Ditambah dengan sentuhan sensual dari buah-buahan yang dikoyak dengan jari. Stephanie membuat karya seni yang profokatif namun tetap memiliki makna dibaliknya. Karena karya seni buah sensualnya ini namanya jadi dikenal.

Meski sempat mendapatkan kritik karena dianggap mengunggah konten berbau seksual, tapi Stephanie tidak menyerah. Ia tetap menciptakan seni buahnya ini yang bisa dinikmati semua orang.

4. Roti

Seniman Pakai MakananSeniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse

Beberapa orang suka mengukir potret atau wajah tokoh hingga seleb terkenal di kanvas hingga patung. Tapi berbeda dengan seniman bernama Lennie Payne yang justru memilih roti sebagai kanvas utamanya.

Dari keahlian tangannya yang unik, Lennie berhasil mengubah irisan roti polos menjadi potongan karya seni yang keren. Ia mahir melukis beragam wajah orang di atas potongan roti.

Sayangnya hasil karya seninya ini tak bertahan lama. Karena roti-roti yang digunakannya biasanya akan mulai berjamur dan menutupi lukisan kerennya. Namun, orang-orang yang melihat tetap mengagumi karyanya.


5. Bubuk Kunyit

Seniman Pakai MakananSeniman Pakai Makanan Foto: PA/Wire/Listverse

Bubuk kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu dapur atau rempah untuk menambah warna pada makanan. Tapi di tangan seniman muda asal India ini, bubuk kunyit diubah menjadi karya seni keren yang memecahkan rekor dunia.

Seniman muda bernama Tatiteni, sehari-harinya merupakan mahasiswi teknik. Tapi ia memiliki bakat terpendam di bidang seni. Keunikannya terletak pada penggunaan bumbu dapur sebagai pengganti cat minyaknya.

Dengan mahir ia berhasil membuat lukisan besar dengan bubuk kunyit dan bubuk vermilion. Karya seninya ini membuat namanya berhasil tercatat di Guinness World Record.

Baca Juga: Keren! Mahasiswi Ini Pecahkan Rekor Buat Lukisan Pakai Bubuk Kunyit

(sob/odi)