Mantan OB Jadi Petani, Sebulan Penghasilannya Rp 15 Juta

Devi Setya - detikFood Jumat, 10 Jul 2020 11:30 WIB
mantan OB jadi petani Foto: youtube capcapung
Jakarta -

Seorang petani sukses mendapat keuntungan Rp 15 juta per bulan. Pria yang juga mantan Office Boy (OB) ini sekarang bangga jadi petani.

Pria berusia 26 tahun bernama Raga ini berhasil membuktikan kalau profesi sebagai petani bukanlah hal yang memalukan. Lewat channel youtube CapCapung, Raga membagikan kisahnya yang mantan OB menjadi petani sukses.

"Saya dulunya pengangguran, kerja serabutan, saya pernah kerja di perusahaan swasta jadi OB 2 tahun.," ujar Raga dalam video berdurasi 3 menit ini.

Bekerja sebagai OB ternyata tak mencukupi kebutuhan harian Raga dan keluarga, apalagi ia sudah memiliki istri dan anak. Demi memenuhi kebutuhan keluarga, Raga kemudian memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

mantan OB jadi petanimantan OB jadi petani Foto: youtube capcapung

Baca juga : Salut! Mantan Preman Ini Sekarang Diakui Sebagai Petani Panutan

Pada 2016 lalu, Raga memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai OB dan memilih menjadi petani. Lahan yang digunakan Raga adalah lahan milik sang mertua. Pria asli Imogiri, Bantul, Yogyakarta ini memberanikan diri melangkah ke dunia pertanian.

"Modal nggak ada, waktu itu ada lahan mertua yang bisa buat digarap. Dulu saya mikir kerja jadi petani itu kotor, panas, lelah. Pokoknya bertani itu susah. Akhirnya saya belajar sama mertua buat tanam bawang, tanam cabai," beber Raga.

Ternyata tak disangka, dari hasil bertani Raga bisa menghasilkan uang yang jauh lebih besar daripada pekerjaan sebelumnya sebagai OB. Dalam dua bulan saja Raga bisa menghasilkan uang minimal Rp 20 juta. Jika dirata-rata, Raga bisa mengantongi uang Rp 10-15 juta per bulan yang bisa dijadikan modal bertani lagi sekaligus untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

"Pertanian itu sepertinya susah buat pemuda di jaman sekarang, tapi saya tidak menyerah, saya belajar menanam bawang merah dan cabe dengan benar. Dari situ saya mendapatkan penghasilan bertani bawang merah cukup menggiurkan", tambahnya sambil tersenyum.

Raga sempat mendapat sindiran dari banyak orang soal pilihannya sebagai petani. Banyak yang meragukan kemampuan Raga, namun sindiran ini tak menjadikan Raga mundur. Ia justru makin semangat dan ingin membuktikan kalau ia bisa jadi petani muda yang sukses.

mantan OB jadi petanimantan OB jadi petani Foto: youtube capcapung

Kini dari hasil bertani bawang merah, Raga bisa memenuhi kebutuhan harian keluarganya. Setahun setelah menjadi petani bahkan Raga bisa membangun rumah di kampungnya. Ia juga merasa senang bisa memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya.

"Alhamdulillah, bisa bangun rumah. Istilahnya menyenangkan istri dan anak-anak," pungkas Raga.

Baca juga : Petani Ini Rugi Rp 576 Juta karena Tetangganya Menjarah 500 Ton Lobak

Pengalaman Raga ini kemudian menjadi inspirasi bagi banyak orang, di kolom komentar ada ratusan netizen yang salut dengan kegigihan Raga sebagai petani. Banyak juga yang memuji Raga karena tak berpasrah diri.

"Memang ironis jaman now. Pemuda desa berbondong bondong ke kota . kerja di toko, pabrik, satpam dlsb. Ketika gaji gak mencukupi , nyalahin sana sini. Sementara punya ladang di desa terbengkelai karna malu jadi petani. Gak keren. Pdhl bila betul2 digarap bisa mendapatkan hasil berlimpah. Toh semua orang butuh makan setiap hari. Drmn kalo bukan dari petani," kata netizen.

"Inspirasi banget mas,terimakasih banyak, insya allah saya akan mengelola lahan pemberian orang tua saya," sahut netizen yang juga berniat menjadi petani.



Simak Video "Melihat Pabrik Roti Tan Keng Cu yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)