Kenapa Ngemil Popcorn saat Nonton Film Bikin Nagih?

Riska Fitria - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 19:30 WIB
Kenapa makan popcorn bikin ketagihan Kenapa makan popcorn saat nonton film bikin nagFoto: iStock
Jakarta -

Nonton film kurang lengkap tanpa ngemil popcorn. Namun, sadarkah kamu mengapa makan popcorn saat nonton film bikin nagih? Ini jawabannya!

Popcorn atau dikenal juga dengan sebutan berondong jagung merupakan camilan yang sudah identik dengan pertunjukan film. Popcorn mulai dikenalkan di acara-acara karnaval dan festival pada pertengahan tahun 1800-an.

Pada tahun 1885, awalnya biji jagung dikukus dan dijual di jalanan karena mudah dibuat. Kemudian, popcorn mulai populer pada tahun 1890-an. Saat itu, ada pengusaha bernama Charle Cretors asal Chicago, Amerika yang membuat mesin pembuat popcorn pertama.

Kenapa makan popcorn bikin ketagihanKenapa makan popcorn bikin ketagihan Foto: iStock

Baca Juga : Begini Ceritanya Popcorn Bisa Jadi Camilan Wajib di Bioskop Seluruh Dunia

Awalnya popcorn ditolak untuk masuk ke bioskop atau teater. Itu karena popcorn dijual dengan harga murah, sementara pengunjung bioskop merupakan orang-orang berkelas. Popcorn mulai masuk ke bioskop ketika terjadi Great Depression, atau lemahnya pertumbuhan ekonomi di Amerika pada 1930.

Pada masa-masa itu, banyak orang yang harus menghemat uang. Namun, mereka juga membutuhkan hiburan murah seperti nonton film. Sejak saat itulah banyak orang yang mulai membeli popcorn sebagai camilan untuk nonton film. Pihak bioskop pun mulai memasukkan popcorn ke dalam menu camilan di sana.

Hingga saat ini, nonton film terasa kurang afdol tanpa camilan popcorn. Bahkan saking asyiknya nonton film, kamu tidak bisa berhenti untuk ngemil popcorn. Stuart Hanson, seorang sejarawan film di De Monthfort University di Lecester pun membandingkannya dengan narkoba.

Kenapa makan popcorn bikin ketagihanKenapa makan popcorn bikin ketagihan Foto: iStock

"Salah satu lelucon besar dalam industri ini adalah bahwa popcorn berada di urutan ke-dua setelah kokain atau heroin dalam hal ketergantungan," ujar Stuart Hanson.

Ia menyebut bahwa popcorn terdiri dari bahan kimia yang memiliki aroma yang sangat kuat. Bahan kimia itulah yang sering digunakan oleh industri makanan lain untuk membuat aroma makanan lebih menarik.

Selain itu, alasan lain mengapa popcorn banyak disukai orang adalah karena popcorn dapat dikombinasikan dengan banyak rasa. Mulai dari manis, pedas, asin dan gurih. Tak hanya itu, varian rasanya juga banyak diinovasikan, seperti hadirnya popcorn rasa karamel hingga kimchi.

Baca Juga : Kepribadian Terlihat dari Cara Seseorang Makan Popcorn



Simak Video "Resep Ayam Popcorn Sehat "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)