Keren! Penjual Sayur Ini Hitung Belanjaan Pakai Bahasa Inggris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 09 Jul 2020 12:00 WIB
Penjual sayur hitung belanjaan pakai bahasa Inggris Foto: TikTok @jevnomz
Jakarta -

Penjual sayur di pasar ini menarik perhatian netizen TikTok. Ia fasih berbahasa Inggris saat hitung total belanjaan pembeli. Keren!

Di pasar, ada banyak penjual sayur yang mudah ditemui. Masing-masing penjual biasanya sudah punya pelanggan setia. Mereka disukai karena menawarkan harga murah, dagangannya lengkap, atau sosoknya yang ramah.

Tapi penjual sayur di pasar ini punya nilai tambah. Ia bisa menghibur pelanggan dan pengunjung pasar lainnya saat menghitung total belanjaan pembeli. Dilihat dari akun Instagram @sayinfo.id, netizen TikTok @jevnomz membagikan aksi unik penjual sayur ini.

Penjual sayur hitung belanjaan pakai bahasa InggrisPenjual sayur hitung belanjaan pakai bahasa Inggris Foto: TikTok @jevnomz

"Tomatonya ten thousand, sama five thousand jadinya fifteen, fifteen sama twelve jadinya twenty seven, sama eight thousand jadinya thirty five," ujarnya dengan cepat. Penjual berkaos hitam ini lanjut menghitung aneka belanjaan pembeli.

"Onion udah. One hundred eighty thousand sama ninety thousand jadi two hundred seventy thousand. Finish!" kata si penjual di akhir penghitungan. Aksi penjual sayur ini terbilang mengagumkan, apalagi ia melakukannya dengan cepat. Kata-kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris mengalir begitu saja dari mulutnya.

Saat berita ini ditulis video TikTok penjual sayur yang kabarnya ada di Pasar Modern BSD ini sudah ditonton lebih dari 2,6 juta kali. Banyak netizen tertarik dengan aksinya. "Bahkan doi salah itung juga gua bayar aja daahh.. puyeng guaa..," kata papaman.

Penjual sayur hitung belanjaan pakai bahasa InggrisPenjual sayur hitung belanjaan pakai bahasa Inggris Foto: TikTok @jevnomz

Cerdasss...skill matematika+skill bahasa inggris+skill sales pantes jadi pedagang...tp salah tempat...🙈," sahut wulan4121. Tak kalah lucu, pengguna TikTok lainnya justru menghitung total belanjaan pembeli. "10 + 5 + 12 + 8 + 10 + 10 + 3 + 35 + 20 + 45 + 22 + 90 = 270 gw ikut ngitung jadinya," tulisnya.

Aksi penjual sayur yang diketahui bernama Adit ini memang selalu menarik perhatian pengunjung Pasar Modern BSD. Tahun 2017, netizen bernama Aurelia melalui akun Instagram @chawrelia juga pernah merekam aksinya hingga viral.

Aurelia menanyakan ke Adit soal pemakaian bahasa Inggris saat jualan sayur. "Dia waktu itu bilang di pasar ada juga bule yang belanja, makanya dia les bahasa Inggris, biar bisa jualan ke bule dan jadi pelanggannya," ucapnya saat dihubungi detikcom.

Baca Juga: Viral! Lucunya Pedagang Sayur Ini Jualan Pakai Bahasa Inggris

penjual sayur afrikapenjual sayur afrika Foto: youtube

Selain Adit, aksi unik penjual sayur lainnya ada di Gabon, Afrika. Seorang ibu penjual sayur bernama Mama Aisyah justru lancar berbahasa Indonesia dan Jawa. Hal ini diketahui dari unggahan YouTube Nomadprostory. Netizen bernama Rahman mengabadikan momen Mama Aisyah jualan sayur.

Menurut Rahman, Mama Aisyah dan beberapa penjual sayur di Gabon memang ada yang berbahasa Indonesia. Hal ini karena beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) sering berbelanja di sana. Namun penggunaan bahasa Indonesia mereka hanya sebatas nama bahan makanan dan angka saja.

Baca Juga: Penjual Sayuran di Afrika Ini Jago Bahasa Indonesia dan Jawa



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)