Belanja di Pasar Modern

Ini Alasan Pasar Modern Kini Jadi Pilihan Menarik Berbelanja

Riska Fitria - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 15:30 WIB
Belanja di pasar modern Belanja di pasar modern Foto: iStock
Jakarta -

Pasar modern kini banyak dibuka di Jakarta dan sekitarnya yang diminati banyak orang. Ini alasan pasar modern jadi pilihan menarik berbelanja keluarga.

Pada masa PSBB di Jakarta dan sekitarnya banyak pasar tradisional yang harus ditutup beberapa hari. Karena ada beberapa pedagang yang tertular virus Corona. Kondisi ini membuat banyak pasar modern menjadi tujuan belanja.

Pasar semi modern atau pasar modern banyak dipilih oleh masyarakat karena menawarkan suasana yang aman dan nyaman ketika berbelanja. Berbeda dengan pasar tradisional kumuh dengan area sempit dan kotor, pasar modern menempati area yang bersih, sejuk dan gerai penjual yang tertata rapi.

Belanja di pasar modernBelanja di pasar modern Foto: iStock

Gerai penjual ditata sesuai dengan jenis produk, misalnya area sayuran, buah, ikan, daging, seafood dan sebagainya. Jadi memudahkan pengunjung ketika berbelanja. Letakanya berkelompok dan tidak berhimpitan. Selain itu, pada konsepnya, pasar modern juga memiliki sistem pelayanan yang lebih maju.

Baca Juga : Jajan dan Belanja Seru di Pasar Modern

Misalnya produk-produk yang ditawarkan telah dikemas dan dilengkapi dengan label harga dan menggunakan sistem barcode untuk penghitungan harga. Sistem pembayarannya juga sudah mulai menerapkan sistem cashless atau nontunai.

Dengan segala pelayanan yang ditawarkan, pasar modern memiliki banyak keunggulan. Keunggulan tersebut ada mulai dari produk yang dijual lebih bervariasi, berbelanja lebih aman, nyaman, mudah, dan pengemasan produk lebih menarik. Karenanya konsep pasar modern ini lebih cocok pada masa New Normal setelah pandemi corona.

Belanja di pasar modernBelanja di pasar modern Foto: iStock

Meski begitu, pasar modern juga memiliki kekurangan, yaitu pada produk yang sudah dilabeli harga membuat pengunjung tidak bisa melakukan transaksi tawar menawar. Sementara kekurangan pasar modern ini menjadi kelebihan pada pasar tradisional.

Di Jakarta dan sekitarnya sudah banyak pasar modern yang dapat dikunjungi. Seperti Pasar Modern BSD, Pasar Modern Bintaro, Fresh Market PIK, Pasar Modern Garden City, Pasar Muara Karang dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, kini pasar modern tidak hanya dijadikan sebagai tempat berbelanja saja, tetapi juga bisa juga sebagai tempat wisata kuliner. Di setiap pasar modern pasti tersedia gerai kuliner yang menyajikan makanan siap santap, mulai dari makanan kekinian hingga makanan tradisional.

Di era new normal di tengah pandemi ini, pasar modern tersebut masih tetap beroperasi. Tentunya pada pelayanannya, pasar modern menerapkan protokol kesehatan. Warga Jakarta dan sekitarnya merasa lebih nyaman berbelanja dan makan enak di pasar modern.

Belanja di pasar modernBelanja di pasar modern Foto: iStock

Nah, pada ulasan kali ini, detikfood akan mengupas tuntas tentang pasar modern. Mulai dari rekomendasi pasar modern yang terkenal, rekomendasi tempat kulineran enak, kesan pedagang tentang pengalamannya dagang di pasar modern hingga tips berbelanja di pasar modern.

Mencakup juga tips aman berbelanja di tengah pandemi COVID-19 dan juga tips alternatif lain pemakaian kantong non plastik. Mengingat pelarangan penggunaan kantong plastik sudah mulai berlaku di wilayah DKI Jakarta.

Selain itu, detikFood juga akan menceritakan pengalaman berbelanja di pasar modern. Oleh karena itu, simak terus info lengkapnya di detikFood ya!

Baca Juga : Begini Nih Ramainya Danilovsky Market, Pasar Modern Terbaik di Rusia



Simak Video "Pasar Modern Paramount, Surganya Kuliner Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)