Jajan dan Belanja Seru di Pasar Modern

- detikFood Jumat, 13 Nov 2009 14:19 WIB
Jakarta - Jangan takut becek, ke pasar ini Anda bisa pakai sandal bertumit tinggi. Belanjapun bisa sambil jajan enak. Bukan hanya terkenal sebagai pasar yang bersih tapi semua keperluan tersedia. Dari sandal plastik, tas tangan, sayuran, daging, seafood sampai kopi enak dan jajanan khas Manado. Yuk, mampir!

Menjelajahi pasar tradisional merupakan kegiatan yang saya sukai. Karena itu tiap singgah di manapun saya selalu menyempatkan diri melongok pasar tradisional. Dari isi dan kondisi pasar tradisional bisa diketahui bagaimana orang disekitarnya hidup dan mengolah makanan.

Seperti minggu yang lalu, saya bersama beberapa temen sengaja melakukan tur ke pasar modern di kawasan BSD. Pasmo ini sering dibicarkan orang karena kebersihan dan kelengkapan isinya. Ternyata, semuanya terbukti saat pagi itu kami menjelajahi pasar ini.

Pasar yang menempati area seluasa 2,6 hektar di dekat pintu tol BSD-Pondok Indah ini mulai dibuka Juli 2004 untuk menggantikan pasar sementara.  Memasuki pintu area pintu Selatan pasar, sudah terlihat para petugas kebersihan mengepel lantai keramik di lorong pasar.

Karena masih terlalu pagi kami mmeutuskan untuk mampir ke toko bahan kue Puspita yang ada di deretan ujung. Toko ini lumayan lengkap isinya. Hampir semua kebutuhan memasak dan bikin kue ada di sini. Oven gas, aneka cetakan, aneka tepung, pewarna, esens, buah kering, mentega dan bahan-bahan lainnya.

Ditata dengan model pasar swalayan sehingga pengunjung bebas memilih dan melihat-lihat bahan yang akan dibeli. Di lemari kaca juga dipajang aneka buku kue dan majalah pastry dan bakery. Ada saja yang masuh dalam belanjaan, maple syrup, almond, green tea poeder, gilingan kue dan cetakan muffin.

Di deretan tengah pasar berjajar los sayuran segar. Semuanya ditata rapi dengan penjual yang ramah. Tak hanya sebatas kangkung dan bayam, aneka sayuran hidroponik dan asing juga ada. Ada mini bokchoy, jamur shitake, jamur shimeji, dan wortel impor. Bebas memilih dan masih bisa menawar merupakan keunggulan pasmo ini.

O,ya di sini para ibu juga bapak yang berbelanja membawa keranjang plastik yang diberi roda sehingga tinggal didorong tanpa perlu menenteng. Los seafood segar, daging ayam, daging sapi dan babi, ditata dalam jajaran terpisah. Mau ayam atau bebek hidup, hingga ayam broiler dan ayam kampung semuanya tersedia!

Di sisi lain ada kios bumbu dapar yang komplet, kios tempe dan tahu, kios aneka bakso dan bakmi serta kios buah segar, aneka plastik dan sembako. Total selurunya ada 320 kios di pasmo ini. Sedangkan di bagian depan pasmo berupa deretan ruko yang mengelilingi pasar dengan beragam jajanan dan dagangan. Dari warung makan, tok beras, plastik sampai tempat les lukis dan agen perjalanan.

Berkeringat, haus dan lapar? Ternyata, bukan masalah di pasar ini. Mau jajan apa saja tersedia. Kios Oenpao menawarkan aneka dimsum, bebek dan ayam panggang dan aneka mi. Mi ayam gaya Medan, Pontianak atau ayam kampung juga ada. Semuanya ditata rapi dan bersih.

Kalau ingin yang tradisional, ada soto mi, gado-gao uleg triji, warung kopi, warung Padang Uni Elok, warung Cah Solo, warung nasi bogana, warung Manado atau warung khas Tegal. Tawaran yang beragam ini justru membuat kami bingung! Semuanya sungguh menggoda!

Pasar yang bersih, kering, membuat kami betah berlama-lama keliling pasar dan tentu saja makan dan jajan. Hmm..sambil menghirup kopi tarik di The Kopitiam yang harum hangat barulah kami tahu kalau belanjaan sudah semakin berat di tangan.

Bagaimana tidak? Ada 2 pasang sandal plastik, 2 kerudung, 2 celana pendek, mangga, tempe mendoan, bakso, sayuran, tahu, aneka pastel, kue-kue Manado,  serabi notosuman, bahan-bahan kue dan aneka keripik. Belum lagi saat kami melongok toko Raspberry,  sebuah tas tangan cantik melengkapi belanjaan.

Hmm..perut kenyang dengan menu sarapan lontong sayur, bubur Manado plus jajanan. Badanpun sudah mulai basah dengan keringat. Sepertinya lain kali kami harus membuat daftar belanja yang lengkap agar tak 'lapar mata' saat belanja! Kalau ingin singgah ke pasmo ini, suami dan anak-anak bisa ikut karena pasar bersih dan banyak tempat mangkal yang nyaman!

Pasar Modern BSD
BSD City Serpong
Tangerang, BANTEN


(eka/Odi)