Keren! Chef Ini Bikin Masker Berbahan Kulit Terung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 10:30 WIB
Masker kulit terung Foto: Reuters
Jakarta -

Masker kain atau masker medis sudah biasa. Seorang chef Yordania membuat masker ramah lingkungan berbahan kulit terung. Seperti apa ya kreasinya?

Layaknya pakai baju, keluar rumah kini wajib pakai masker. Hal ini guna mencegah seseorang menulari atau tertular virus Corona. Untuk jenis masker yang banyak dipakai adalah masker kain atau masker medis. Masing-masing masker ini punya kelebihan dan kekurangan.

Kini chef asal Yordania, Omar Sartawi menambah daftar masker baru. Ia berinovasi mengolah kulit terung menjadi bahan kulit yang kemudian dikreasikan jadi masker. Dikutip dari Reuters (5/7), chef Omar melakukan serangkaian proses pada kulit terung.

Masker kulit terungMasker kulit terung Foto: Reuters

Mulai dari menggarami, mengurangi kandungan air, hingga memasak kulit terung tersebut. Hasilnya kulit terung akan seperti bahan kulit yang mudah terbentuk. Chef Omar meyakini hal-hal berbau ramah lingkungan kini semakin diminati.

"Jadi saya pikir kenapa tidak membuat bahan kulit dari kulit terung, memanfaatkan terung alih-alih membuangnya. Kami bisa memakai ulang kulit terung dan menggunakannya sebagai fashion. Jadi saya mulai mengembangkannya," kata chef Omar. Untuk proyek ini ia bekerja sama dengan desainer dari Yordania.

Salam Dajani bertugas menjahit kulit terung menjadi masker, lalu ada Nejla Asem yang menambahkan aksesoris sehingga masker lebih mewah dan cantik. "Ketika saya menerima bahan kulit terung, rasanya sudah komplet. Ini adalah potongan yang cantik," kata Nejla Asem.

Masker kulit terungMasker kulit terung Foto: Reuters

Ia lalu menambahkan silver, tali, dan beberapa aksesoris lain sebagai tahapan akhir pembuatan masker. "Tentu saja ini upaya bersama, jadi kami bersepakat mengenai bagaimana cara mendesain masker ini," tambahnya.

Sebelum masker kulit terung, ada inovasi masker 'Pac Man' yang membuat seseorang tak akan kerepotan makan. Pasalnya masker ini memungkinkan penggunanya makan tanpa copot masker.

Masker Pac Man diperkenalkan di Tel Aviv dan kini masih dalam tahap pengembangan. "Masker ini nantinya akan terbuka dengan sendirinya menggunakan remote atau ketika garpu mendekat ke arah masker," jelas Asaf Gitelis, selaku ketua dari Avtipus Patents and Inventions.

Masker PacManMasker PacMan Foto: Istimewa

Baca Juga: Kini Ada Masker 'Pac-Man', Bisa Makan Tanpa Perlu Copot Masker

Ada juga masker mirip tirai yang menutupi bagian hidung, mulut, hingga leher. Saat mau makan, bagian tengah masker tirai ini hanya perlu disingkap. Jika sudah terbuka, pengguna bisa langsung makan dan minum tanpa perlu melepas masker.

Baca Juga: Pakai Masker Ini Bisa Santai Makan dan Minum Tanpa Repot



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Nasi Liwet Pedesaan Khas Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)