Menang Lagi! Jawara Makan Ini Habiskan 75 Hot Dog dalam 10 Menit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 16:30 WIB
Kontes makan hot dog Foto: AP Photo
Jakarta -

Joey Chestnut terkenal sebagai jawara makan dalam kontes makan hot dog. Tahun ini ia kembali menang dengan rekor baru, makan 75 hot dog dalam 10 menit.

Kontes makan hot dog bertajuk "Nathan's Famous Hot Dog Eating Contest" digelar tanggal 4 Juli setiap tahunnya. Bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat, kontes ini selalu mencuri perhatian para foodies. Mereka punya jagoan untuk jawara makan yang bertanding di sini.

Salah satu yang paling terkenal adalah Joey Chestnut. Dari tahun ke tahun ia selalu berhasil makan banyak hot dog. Tahun ini pun Chestnut berhasil makan 75 hot dog dalam waktu 10 menit saja!

Kontes makan hot dogKontes makan hot dog Foto: AP Photo

Pencapaian pria 36 tahun ini memecahkan rekor ia sendiri di tahun sebelumnya yaitu makan 74 hot dog. Dikutip dari Insider (7/7), tahun ini Chestnut berarti berhasil melahap lebih dari 1 hot dog tiap 10 detik.

Selain Chestnut, ada juga Miki Sudo yang mencuri perhatian. Ia adalah kontestan wanita yang sudah 7 tahun berturut-turut memenangkan kontes makan hot dog ini. Sudo berhasil makan 48.5 hot dog dalam waktu 10 menit.

Pencapaiannya tahun ini bisa dibilang luar biasa karena tahun kemarin ia hanya berhasil melahap 31 hot dog. Ini berarti ada peningkatan jumlah sampai 17.5 hot dog.

Kontes makan hot dogKontes makan hot dog Foto: AP Photo

Baca Juga: Lagi! Joey Chestnut Pecahkan Rekor Makan Hot Dog

Lalu bagaimana cara para jawara makan melahap banyak hot dog sekaligus? Situs resmi Nathan's mengungkap banyak peserta mencelupkan roti ke air sebelum mereka memakannya. Ada juga yang pilih lompat-lompat dan menggoyangkan tubuh mereka.

Semua cara itu bertujuan memudahkan proses pencernaan hot dog. Mulai dari melewati esofagus sampai ke perut.

Bagi penonton seperti kita pastilah bingung bagaimana tubuh para jawara makan itu 'bekerja'. Seperti apa proses pencernaan mereka hingga bisa menampung banyak makanan sekaligus dalam waktu singkat?

Peneliti melalui studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam The Journal of Roentgenology mengungkap fakta menarik. Selama kompetisi, tubuh jawara makan ternyata meregang dan buncit, tapi tidak berkontraksi sama sekali. Hal ini tidak ditemukan pada perut orang normal.

hot dogHot dog Foto: Istimewa

Baca Juga: Terlihat Mudah, Ini 5 Pengorbanan untuk Jadi Jawara Makan

Adapun "Nathan's Famous Hot Dog Eating Contest" tahun ini sedikit berbeda karena diselenggarakan di tengah pandemi virus Corona. Terdapat banyak protokol kesehatan dan keselamatan yang diterapkan penyelenggara. Hal paling utama adalah ketiadaan penonton langsung.

Selain itu, mereka yang hadir wajib pakai masker, beberapa bahkan ada yang mengenakan sarung tangan. Tak ketinggalan menerapkan aturan social distancing hingga pemasangan partisi kaca di antara kontestan sebagai upaya pencegahan COVID-19.



Simak Video "Ketika Lupis dan Semprong Bertransformasi Jadi Jajanan Kinian"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)