5 Kisah Pernikahan dengan Mahar Makanan, Telur hingga Es Cendol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 13:00 WIB
Mahar pernikahan berupa makanan Foto: Instagram @insidelombok
Jakarta -

Kisah pernikahan ini jadi perbincangan netizen karena maharnya tak biasa. Bukan uang atau perhiasan melainkan tiga butir telur sampai es cendol!

Mahar atau maskawin adalah harta yang diberikan pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan saat pernikahan. Dalam Islam, mahar bukan sekadar memberi barang melainkan bertujuan memuliakan mempelai wanita. Karenanya banyak mempelai wanita 'meminta' mahar kepada mempelai pria.

Biasanya mahar pernikahan berupa alat salat, perhiasan, atau uang tunai. Namun pada prinsipnya mahar tidak harus barang-barang itu, yang terpenting tidak memberatkan. Beberapa pasangan inipun pilih mahar berbeda untuk pernikahan.

Mereka memilih makanan seperti segelas air, tiga butir telur, sampai es cendol untuk jadi bagian pernikahan. Tentu saja mereka sempat jadi perbincangan. Banyak netizen merasa kagum, tak percaya, sekaligus salut dengan filosofi di balik pemberian mahar makanan ini. Seperti apa kisahnya?

Berikut 5 kisah pernikahan dengan mahar makanan:

1. Segelas air

Mahar pernikahan berupa makananMahar pernikahan berupa makanan Foto: YouTube Yudi Anggata

Baru-baru ini kisah pernikahan pasangan Iwan Firman Wahyudi (Yudi) dan Helmi Susanti asal Lombok menyedot perhatian netizen. Pasalnya mempelai pria memberikan mahar sendal jepit dan segelas air putih untuk kekasihnya.

Hal ini terlihat dalam rekaman video yang viral di media sosial. Nampak Yudi membalas penghulu, "Aku terima kawin Helmi mas kawin sandal jepit sepasang dan air segelas dibayar tunai."

Yudi sendiri berprofesi sebagai YouTuber dengan subscriber lebih dari 23 ribu. Pernikahannya dengan mahar sandal jepit dan segelas air pun menuai banyak komentar. Ada yang mencibir namun ada pula yang memujinya.

Baca Juga: Viral Pria Lombok Nikahi Model Hanya dengan Mahar Sandal Jepit & Segelas Air

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Cireng Kuah Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]