Hati-hati! Penjual Durian Ini Patok Harga Sesuai Mobil Pelanggan

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 06 Jul 2020 13:15 WIB
Asian young woman holding Durian is a king of fruit in Thailand and asia fruit Foto: iStock
Jakarta -

Tindakan licik pedagang makanan kerap terjadi. Seperti penjual durian ini mematok harga sesuai mobil yang dikendarai pelanggannya.

Durian merupakan buah berkulit tebal yang aromanya sangat kuat. Saking kuatnya bahkan bisa membuat banyak orang mual. Namun untuk mereka yang menyukainya, durian punya rasa yang nikmat.

Durian punya banyak jenis, biasanya dibedakan dari tempatnya berasal. Ukurannya juga beragam, ada yang kecil hingga yang beratnya belasan kilogram. Kenikmatan durian biasanya diukur dari tingkat ketebalan daging buah serta rasa manis dan legitnya.

Aroma durianAroma durian Foto: iStock

Malaysia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya menggemari durian. Bahkan ada beberapa jenis durian yang populer di Malaysia, seperti Musang King dan D-24.

Baca Juga: Ini 5 Kisah Viral Aroma Durian, Pingsan hingga Putus Cinta

Saking populernya, ada beberapa penjual yang licik dalam menentukan harga durian tersebut. Bukan lagi menggunakan timbangan tapi dari status sosial para pembelinya.

Dilansir dari World of Buzz (6/7), penjual durian di Malaysia mematok harga dilihat dari mobil yang dikendarai oleh para pembelinya. Semakin mewah mobilnya, maka harga durian tersebut makin tinggi juga. Harganya dibanderol 2-3 kali lipat dari harga aslinya.

Ilustrasi mobil mewah BMW 4 series 2021Ilustrasi mobil mewah BMW 4 series 2021 Foto: BMW

Oleh karenanya, Pahang Ministry of Domestic Trade and Consumer Affairs (KPDNHEP) Ahmad Fitri Ali mengatakan akan melakukan sidak ke beberapa penjual durian. Lokasinya di sekitar Kuantan, Jerantut, Bentong, Lipis, Raub, dan Temerloh.

Sejauh ini, pihak KPDNHEP telah menemukan 1 penjual durian yang tidak menunjukkan harga. Sedangkan 3 penjual lainnya ditemukan menggunakan timbangan yang tidak sesuai dengan berat durian tersebut.

Baca Juga: Tak Kalah Nikmat, Ini 5 Durian dari Luar Jawa yang Manis Legit!



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)