Nasi Padang Jadi Alat Diplomasi Indonesia untuk Dunia, Mungkinkah?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Jul 2020 11:00 WIB
Nasi Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB

4. Pendapat Reno Andam Suri

Nasi PadangNasi Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB

Uni Reno memiliki pandangan lain. Menurutnya sebelum menggaungkan nasi Padang di mancanegara, penting untuk mengokohkan dulu fondasi soal upaya memperkenalkan nasi Padang. "Duduklah kita dulu bersama-sama, tujuannya apa? Kalau kita kokoh, narasinya kuat, praktisinya mumpuni, bisnisnya juga bagus, maka apa kita yang masak di atas tungku pasti akan kokoh atau kuat," katanya.

Ia menambahkan saat ini sangat penting di sekolah-sekolah masak yang ada di Sumatra Barat, dimasukkan kurikulum soal masakan Minangkabau di tiap nagari. "Sehingga mereka (siswa) juga mengerti narasinya, karena saat dibutuhkan spesialisasi itu penting," tambah Uni Reno.

5. Pendapat Roby Bagindo

Nasi PadangNasi Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB

Terakhir, Roby Bagindo selaku videografer makanan yang sering mendokumentasikan resep-resep masakan Minang menyoroti sejarah nasi Padang sebagai alat diplomasi. "Kalau kita ngomongin nasi Padang sebagai alat diplomasi Indonesia, waktu zaman Konferensi Meja Bundar (KMB), makanan Minang itu udah dimasak. Yang saya kerjain sekarang, sudah 10 tahun, bikin video masakan Minang dengan jutaan penonton," jelasnya.

Namun ada satu hal prinsip yang belum terpenuhi yaitu soal tujuan. "Saya mau ingetin diplomasi itu alat. Alatnya udah ada, tapi tujuannya mau apa? Karena kalau saya mau bikin video atau masakan, yang saya pikirkan ketika video ini dipublish, bisa nggak orang masak ulang? Dimana orang bisa menemukannya? Kadang kala itu jadi percuma, kita bikin berbagai macam alat promosi, tapi kita nggak bisa menangkap manfaatnya dari situ juga. Misal pemerintah Norwegia datang ke sini sederhana, perdagangan salmon. Jadi apapun diplomasi mereka ditujukan untuk meningkatkan penjualan salmon di Indonesia," ujarnya.

"Kita sudah lakukan berbagai macam diplomasi, tapi balik lagi ketika medium itu sudah dijalankan, setelahnya itu apa? Kalau dari saya yang sudah dilakukan ini sudah ditangkap yang lain (pengusaha, pemerintah daerah), ada baiknya segera ditindaklanjuti. Paling sederhana jualan bumbu ajalah," tutup Roby.

Baca Juga: 10 Lauk Nasi Padang Enak, Yang Mana Favoritmu?

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menjajal Makanan di Resto Atta Halilintar, Enak Nggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)