Lockdown Dicabut, Ceko Adakan Pesta Makan Malam Sepanjang 500 Meter

Riska Fitria - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 08:00 WIB
Warga Ceko Rayakan Makan Malam 500 Meter Foto: AP/Petr David Josek
Jakarta -

Aturan lockdown dicabut, masyarakat di Ceko merayakan dengan mengadakan pesta makan malam besar-besaran. Makanan disajikan di atas meja sepanjang 500 meter.

Aturan lockdown untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona turut diterapkan oleh negara Republik Ceko. Bahkan Republik Ceko merupakan negara pertama yang menerapkan pembatasan ketat untuk mengatasi virus corona pada Maret lalu.

Belum lama ini, pemerintah setempat telah memutuskan untuk mencabut aturan lockdown dan memulai melanjutkan hidup di era new normal. Dicabutnya aturan lockdown tersebut langsung disambut bahagia oleh masyarakat sekitar, khususnya mereka yang tinggal di Ibu Kota, Praha.

Warga Ceko Rayakan Makan Malam 500 MeterWarga Ceko Rayakan Makan Malam 500 Meter Foto: AP/Petr David Josek

Baca Juga : Lockdown Berakhir di Wuhan, Masyarakat Mulai Padati Tempat Makan

Bahkan mereka kompak untuk membuat perayaan dengan mengadakan pesta makan malam besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, disiapkan pula meja sepanjang 500 meter untuk para tamu dapat menikmati hidangan.

Sementara untuk makanan dan minumannya dibawa sendiri oleh masing-masing masyarakat yang ikut berkumpul di sana. Jadi mereka punya menu yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Warga Ceko Rayakan Makan Malam 500 MeterWarga Ceko Rayakan Makan Malam 500 Meter Foto: AP/Petr David Josek

Meja sepanjang 500 meter itu juga dilapisi dengan kain putih. Dilansir dari The Hindu (01/07) pesta makan malam terpanjang itu diadakan di atas Jembatan Charles yang sangat terkenal dan menjadi ikon.

Masyarakat setempat kompak untuk menikmati malam malam ala alfresco. Semua orang berkumpul di jembatan di tepi sungai Vltava. Menurut mereka Jembatan Charles adalah tempat yang tepat untuk mengadakan pesta makan malam.

"Jembatan adalah metafora yang baik, orang-orang dengan latar belakang berbeda dapat berkumpul di sini. Ini semacam perayaan untuk menunjukkan bahwa kita tidak takut. Kita bisa keluar dan kita tidak terjebak di rumah lagi," tutur Ondrej Kobza yang mengorganisir acara tersebut.

Warga Ceko Rayakan Makan Malam 500 MeterWarga Ceko Rayakan Makan Malam 500 Meter Foto: AP/Petr David Josek

Namun sayangnya, saat merayakan pesta makan malam tersebut, mereka tidak menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Oleh karena itu, kegiatan makan malam tersebut mendapat peringatan dari World Health Organization (WHO).

WHO mengatakan meski aturan lockdown sudah dicabut, tetapi bukan berarti pandemi COVID-19 belum berakhir. Karenanya WHO menganjurkan untuk mengurangi kerumunan dan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Pesta makan malam bukan satu-satunya cara yang dilakukan untuk merayakan pencabutan aturan lockdown. Berbeda dengan Republik Ceko, negara Italia juga punya cara tersendiri, yaitu dengan menikmati gelato.

Dilansir dari Gulf Today (28/05) masyarakat Italia itu kompak untuk mampir ke toko gelato dan menikmat varian rasa yang menjadi favorit mereka. Apalagi di Italia sangat mudah untuk menemukan toko gelato. Sekiranya ada 39.000 toko gelato yang dapat dikunjungi di sana.

Baca Juga : Lockdown Italia Berakhir, Warga Rayakan dengan Makan Gelato!



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)