Ikan 'Avatar' dengan Warna-warni Terang Ini Bisa Dimakan Lho!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 14:00 WIB
Ikan warna-warni, surge wrasse Foto: Fishing Gang Azusa/Twitter
Jakarta -

Tak seperti ikan umumnya, ikan surge wrasse berwarna biru, pink, dan hijau terang. Ikan 'Avatar' ini ternyata bisa dimakan.

Pemancing ikan sering kali terkejut dengan hasil tangkapan mereka, apalagi jika mereka memancing di lokasi yang belum pernah disambangi. Begitupun yang dialami grup pemancing di Jepang.

Melalui channel YouTube Fishing Gang Azusa, terlihat pemancing mendapatkan ikan yang warnanya super terang. Merupakan gabungan biru, pink, dan hijau yang menyala. Sampai-sampai tampilannya seperti ikan dicat!

Dikutip dari Oddity Central (3/7), tangkapan ikan unik ini viral di Twitter. Banyak netizen di Jepang langsung penasaran apakah ikan tersebut benar-benar ada atau hanya diedit. Bagi yang meragukan, dugaan mereka terbantahkan karena video YouTube Fishing Gang Azusa menunjukkan ikan itu nyata.

Ikan warna-warni, surge wrasseIkan warna-warni, surge wrasse Foto: Fishing Gang Azusa/Twitter

Ikan ini disebut-sebut ikan 'avatar' dengan nama asli Kinubella dalam bahasa Jepang. Sementara nama Baratnya adalah surge wrasse dan nama ilmiahnya Thalassoma purpureum. Ikan surge wrasse hidup di perairan samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia.

Baca Juga: Untuk Valentine, Gerai Sushi Ini Sajikan Ikan yang Diberi Makan Cokelat

Ikan unik ini biasanya mendiami terumbu karang dan ada di sekitar garis pantai berbatu. Meski warnanya seperti menandakan ikan ini beracun, nyatanya tidak. Ikan surge wrasse bisa dikonsumsi, namun jelas banyak orang sayang memakannya. Biasanya ikan surge wrasse hanya dijadikan ikan peliharaan.

Ikan warna-warni, surge wrasseIkan warna-warni, surge wrasse Foto: Fishing Gang Azusa/Twitter

Terkait konsumsi ikan surge wrasse, disebutkan Wide Open Spaces (3/7) bahwa ada dua anggapan yang beredar. Pertama ada yang menyebut ikan ini enak dan patut dimakan, kedua ada yang mengatakan ikan surge wrasse justru terlalu bertulang dan dagingnya seperti kepingan (flaky).

Selain ikan surge wrasse, netizen Indonesia juga sempat heboh dengan temuan ikan lele berwarna pink. Lele ini banyak disebut Lele Barbie yang merupakan hasil rekayasa pria asal Jepara, Jawa Tengah bernama Noor Fahrudin.

lele barbielele barbie Foto: Istimewa

Ia sudah membudidayakan lele sejak tahun 1999. Kemudian, ia terpikirkan untuk memiliki lele dengan warna kulit yang tak biasa. Akhirnya pada awal tahun 2020 ia berhasil membuat varian lele berkulit pink.

Warna pink didapat karena pakan ikan lele berupa daun pepaya dan daun singkong yang dicampur dengan protein nabati dan hewani. Dedaunan hijau itu lebih dulu difermentasi hingga warnanya berubah menjadi oranye. Lele barbie ini kabarnya menarik minat banyak pembeli.

Baca Juga: Cantik Banget! Lele Barbie, Ikan Lele dengan Kulit Berwarna Pink



Simak Video "Dari Ikan Baung, Jadilah Pindang Salai yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)