Tareng, Jajanan Tahu Aci Goreng yang Pedas Nikmat dari Garut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 13:30 WIB
Shanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas Garut Foto: YouTube Shanty Denny
Jakarta -

Shanty Denny memamerkan jajanan khas Garut bernama tareng. Diracik super pedas layaknya seblak, tareng bikin Shanty Denny ketagihan.

Shanty, istri komedian Denny Cagur, sering mengunggah video kulineran seru di channel YouTube pribadinya. Terbaru, Shanty menunjukkan tareng yaitu tahu aci goreng yang merupakan jajanan gerobakan populer di daerah asalnya, Garut.

"Aku tadinya mau bikin konten makan bakso, tapi di tengah jalan berhenti ngelihat ada gerobak putih yang sepertinya aku penasaran," kata Shanty di awal video. Ternyata gerobak itu menjual tareng yang merupakan singkatan tahu goreng.

Shanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas GarutShanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas Garut Foto: YouTube Shanty Denny

Untuk menikmatinya bisa versi biasa dimana tahu digoreng kering atau versi basah yaitu tareng diolah seperti seblak. "Ada tulang juga, ceker, telur," kata Shanty. Penjual menggoreng tareng sesaat setelah ada yang memesannya. Sebelum digoreng, di tengah tahu diberi adonan aci.

Baca Juga: Hits Banget! Ini Gaya Shanty, Istri Denny Cagur Saat Kulineran

Untuk harganya Rp 5.000 saja per porsi versi biasa, sementara jika ditambah topping seperti seblak, Rp 10.000. Shanty juga menunjukkan seperti apa proses pembuatan tareng yang serupa seblak sebelum ia mencicipinya.

Shanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas GarutShanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas Garut Foto: YouTube Shanty Denny

"Hmmm... Mesti nyobain... Ini tuh kalau aku lebih suka ini dibanding seblak. Enak pisan," katanya. Tareng nampak dipenuhi banyak topping seperti telur, tulang, dan ceker. Shanty menjelaskan kalau tekstur tahu pada tareng itu lebih kering tak seperti tahu yang empuk.

Sementara tareng versi garing, diberi tambahan bubuk cabai. "Enak pisan, renyah pisan," kata Shanty yang terkesima dengan kerenyahan tahu goreng khas Garut ini. Beberapa kali ia menegaskan kalau rasa tareng ini enak dan ia lebih memilih tareng ketimbang seblak.

Apalagi tareng versi basah dimana berisi banyak tulang dan ceker. Menurut Shanty cekernya sangat empuk. "Aku baru pertama coba tareng dan langsung jatuh cinta. Kenyalnya aci di dalam tahu itu pas banget," kata ibu dua anak ini.

Shanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas GarutShanty Denny cicip tareng, tahu aci goreng khas Garut Foto: YouTube Shanty Denny

Penjual tareng yang dicicipi Shanty ada di Villa Intan Garut. Ia pun merekomendasikan penonton YouTube-nya untuk mencoba tareng buatan Mang Yudi saat di Garut.

Tahu goreng dengan isian aci ini sebenarnya mudah dibuat. Bahan utamanya adalah tahu pong lalu untuk isian acinya memakai paduan tepung terigu dan tepung kanji. Ada juga pelengkap dan bumbu yang terdiri dari daun bawang, lada putih, bawang putih, garam, dan penyedap rasa supaya makin gurih.

Jika adonan acinya sudah siap, tinggal masukkan ke bagian tengah tahu pong. Lalu goreng sampai kecokelatan. Tareng pun siap dinikmati. Jika ingin yang versi basah atau seblak, perlu dimasak lagi dengan beragam bumbu seblak dan pelengkap.

Baca Juga: Ghost Pepper, Mie Instan Terpedas di Dunia yang Bikin Lidah Terbakar!



Simak Video "Nagihnya Mendoan Bagong Khas Banyumas yang Ada di Palmerah Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)