Telur Penyu Tingkatkan Vitalitas Pria? Faktanya Malah Bahaya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 16:00 WIB
Telur penyu Foto: Getty Images/iStockphoto/ymgerman

2. Proses penyu bertelur jadi wisata
Penyu menjadi objek wisata para turis ketika hewan ini bertelur. Namun ada sejumlah aturan penting yang harus ditaati turis saat wisata penyu. Mereka harus didampingi ranger terlatih.

Adapun aturan-aturan wisata penyu mencakup tidak menggunakan flash saat memotret, jaga jarak minimal 10 meter dari penyu, berada di posisi belakang penyu, tidak memegang penyu atau tukik, serta tidak membuat pesta dan keributan di pulau tempat konservasi penyu.

Biasanya penyu bertelur di malam hari saat keadaan sunyi, namun ada seekor penyu yang justru bertelur di siang hari. Hal ini baru saja terjadi di Rote. Lokasi penyu ada di Pantai Sosadale, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga: Langka Banget, Ada Penyu Bertelur Siang Hari di Rote

Telur penyuTelur penyu Foto: Getty Images/iStockphoto/ymgerman

3. Pencurian telur penyu mengkhawatirkan
Pencurian telur penyu bukan satuan atau puluhan saja melainkan sampai ribuan. Pernah terjadi di Pelabuhan Sintete, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dimana ribuan telur penyu akan dijual.

Ada sekitar 1.340 butir telur penyu yang dikemas dalam kardus, plastik, dan stoples dengan tujuan menghindari pengawasan yang berwajib. Telur penyu itu dibawa warga inisial N asal Sedau, Kota Singkawang.

Selain itu, Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau (Kepri) pernah menangkap sindikat pelaku pencurian telur penyu hijau atau kura-kura laut ke Singapura-Malaysia. Pelaku sering menjual telur penyu hijau mentah dan matang. Harganya sekitar Rp 20.000 - Rp 30.000.

Baca Juga: Polisi Tangkap Sindikat Penjual Telur Penyu Hijau ke Singapura-Malaysia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Makan Mun Haisom hingga Scallop Cah Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]