Wow! Sekarang Bisa Kurban Pakai Daging Wagyu Seharga Rp 95 Juta

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 14:30 WIB
Kurban Daging Wagyu Foto: iStock/Facebook
Jakarta -

Jika biasanya kurban pakai daging sapi biasa. Kini bisa kurban pakai daging wagyu premium dengan harga puluhan juta rupiah.

Menyambut Hari Raya Idul Adha, perusahaan Asia Harvest Agro asal Malaysia menawarkan paket daging wagyu untuk kurban. Meski terdengar aneh tapi perusahaan ini benar-benar menjual daging wagyu untuk orang-orang yang mau berkurban tahun ini.

Baca Juga: Mirip Kurban, Masyarakat Batak Toba Punya Tradisi Marbinda Saat Natal

Dilansir dari Juice Online (02/07), mereka menyediakan paket daging wagyu yang sudah dipotong dan dikemas. Untuk 50 kg daging wagyu, kamu harus rela merogoh kocek RM 29,999 atau sekitar Rp 95 juta. Nantinya paket daging wagyu ini akan dikirimkan langsung ke rumah konsumen untuk dibagikan layaknya daging kurban pada umumnya.

Kurban Daging WagyuKurban Daging Wagyu Foto: iStock/Facebook

Lewat unggahan Facebook Asia Harvest Argo, mereka menjelaskan bahwa satu ekor sapi wagyu utuh beratnya bisa mencapai 800 kg dan memproduksi daging 360 kg. Untuk jenis wagyu grade A5 sendiri harganya bisa mencapai RM 50,000 (Rp 169 juta) per 50 kg.

Daging wagyu yang berasal dari Jepang ini memang terkenal mahal karena kualitas dagingnya yang sempurna. Ciri khas daging wagyu terletak pada marbling atau lapisan lemak yang tersebar merata ke seluruh daging dengan pola di seperti marmer. Ketika dimasak rasa daging wagyu sangat empuk dan lumer di mulut karena lemak yang mudah lumer.

Asia Harvest Agro menyebutkan bahwa daging wagyu untuk kurban ini mereka kirim langsung dari Miyazaki, Jepang. Proses penyembelihan sapi khusus untuk kurban akan dilakukan di rumah jagal yang diawasi oleh Departement of Islamic Developnent (JAKIM) dis ana.

Kurban Daging WagyuKurban Daging Wagyu Foto: iStock/Facebook

Tentu saja banyak netizen yang menuliskan komentar beragam atas iklan ini. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa daging kurban tidak perlu semahal itu.

"Kritik pertama yang kami dapat adalah ketika orang-orang bertanya tentang tujuan utama beramal. Banyak juga yang mengritik bahwa sapi biasa jauh lebih murah dibandingkan sapi wagyu. Akan tetapi ada pejabat dan organisasi yang ingin melakukan kurban dengan cara berbeda," jelas Najib Jalil selaku direktur pelaksana di Asia Harvest Agro.

Kurban Daging WagyuKurban Daging Wagyu Foto: iStock/Facebook

"Daging sapi wagyu ini memang dipasarkan untuk orang-orang yang mampu berkurban dengan kualitas daging terbaik di dunia," pungkas Najib.

Nantinya sapi wagyu ini akan disembelih pada hari pertama Idul Adha sebelum proses pengemasan dan pengiriman. Semua daging lalu dikirim lewat pesawat agar kualitasnya tetap terjaga. Kemudian paket sapi ini akan sampai ke rumah konsumen di bulan Zulhijjah.

Banyak netizen yang menyayangkan kurban wagyu ini karena dianggap pemborosan. Karena di Malaysia sendiri rata-rata biaya sharing kurban sapi berkisar dari RM 290 (Rp 1 juta) - RM 2,000 (Rp 6,7 juta).

Baca Juga: Serunya Momen Potong Hewan Kurban hingga Pose Para Seleb Saat Idul Adha



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)